Kamis , 28 Agustus 2014, 03:58 WIB
Liga Champions

Arsenal Lolos ke Fase Grup Liga Champions

Rep: C81/CR02/ Red: Didi Purwadi
EPA/Facundo Arrizabalaga
Striker Arsenal, Alexis Sanchez (tengah), melakukan selebrasi usai menjebol gawang Besiktas di leg kedua babak playoff Liga Champions di Stadion Emirates, London, Rabu (27/8).
Striker Arsenal, Alexis Sanchez (tengah), melakukan selebrasi usai menjebol gawang Besiktas di leg kedua babak playoff Liga Champions di Stadion Emirates, London, Rabu (27/8).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal berhasil lolos ke fase grup Liga Champions setelah mengalahkan Besiktas dengan skor akhir 1-0.

The Gunners menjamu tamunya, Besiktas, pada leg kedua babak playoff Liga Champions di Emirates Stadium, Kamis (28/8). Menjalani laga gengsi, Arsene Wenger menurunkan tim terbaiknya untuk dapat melangkah ke fase grup.

Arsenal mampu menghentikan langkah Besiktas untuk maju ke babak penyisihan grup Liga Champions. Hal tersebut berkat gol tunggal Alexis Sanchez yang tercipta pada akhir babak pertama.

Gol mantan pemain Barcelona tersebut berawal dari umpan satu dua antara Jack Wilshere dengan Santi Cazorla, bola secara tiba-tiba menuju kepada Sanchez. Sang pemain melakukan tembakan pelan kaki kanan yang tidak bisa dihalau kiper Tolga Zengin.

Babak Pertama
Sebelumnya Arsenal harus bekerja keras untuk menembus pertahanan Besiktas. Hingga 20 menit pertama, Arsenal masih terlihat kesulitan membongkar rapatnya pertahanan tim tamu. Beberapa peluang masih Arsenal masih belum bisa menembus gawang yang dijaga Tolga Zengin.

Bahkan, tendangan bebas jarak pendek Alexis Sanchez akibat pelanggaran yang dilakukan Veli Kavlak kepada Cazorla pada menit ke 23 masih tepat mendarat di pelukan penjaga gawang tim asal Istanbul.

Sedangkan, serangan balik cepat yang dibangun Besiktas justru membuat bek Arsenal terkadang kewalahan meladeni kecepatan yang diterapkan dari sisi sayap. Bahkan sesekali Demba Ba lolos dari pengamatan pemain bertahan Arsenal, namun penjaga gawang Wojciech Szczesny masih bisa mengatasinya

Pada menit ke-30, Arsenal terlihat masih berusaha menguasai pertandingan. Namun, rapinya pertahanan Besiktas membuat para pemain Arsenal masih mengalami kesulitan untuk mencetak goal.

Tembakan jarak jauh Nacho Monreal pada menit ke 34 masih melambung hingga akhirnya Sanchez memecah kebuntuan pada menit 46 untuk mencetak gol pertama Arsenal.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal. Agregat menjadi 1-0 karena sebelumnya Arsenal mampu menahan imbang Besiktas tanpa goal di Stadiun Ataturk, Istanbul, Turki.

Kartu Merah
Pada babak kedua, tuan rumah masih menguasai tempo pertandingan. Beberapa peluang emas kembali tercipta namun masih belum menambah skor pertandingan.

Sesekali bahkan mantan penyerang Chelsea dan Newcastle United, Demba Ba, mengancam gawang Arsenal. Namun, tendangannya masih melenceng kesamping gawang.

Pada menit ke 74, Mathieu Debuchy diusir wasit  Pedro Proença  setelah mendapat kartu kuning keduanya karena melanggar pemain Besiktas. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, langsung mengubah taktik dengan menarik Mesut Ozil digantikan pemain bertahan Calum Chambers.

Namun, hingga pertandingan berakhir, Besiktas tidak mampu memanfaatkan kelebihan pemainnya. Skor tetap 1-0 untuk Arsenal.

Agregat menjadi 1-0 karena sebelumnya Arsenal mampu menahan imbang Besiktas tanpa goal di Stadiun Ataturk, Istanbul, Turki. Atas hasil tersebut Arsenal berhak melaju ke babak penyisihan grup Liga Champions.