Kamis , 20 April 2017, 04:14 WIB

Juventus Singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Red: Israr Itah
AP Photo/Emilio Morenatti
Para pemain Juventus merayakan keberhasilan menyingkirkan Barcelona di perempat final Liga Champions.
Para pemain Juventus merayakan keberhasilan menyingkirkan Barcelona di perempat final Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Tak ada remontada kedua di Camp Nou. Barcelona tersingkir dari Liga Champions setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Juventus pada leg kedua perempat final di Camp Nou, Kamis (20/4) dini hari WIB. 

Lionel Messi dkk kalah agregat 0-3 setelah pada leg pertama dipermalukan Juventus di Turin. Tak ada keajaiban serupa seperti yang dibuat pada babak 16 besar: kalah 0-4 dari Paris Saint-Germain pada leg pertama namun mampu membalas dengan kemenangan 6-1 pada duel kedua di Camp Nou.

Juara Italia ini tampil disiplin dan memukau dalam membentengi pertahanannya. Tuan rumah dibuat tak berdaya karena tak bisa mendapatkan ruang untuk dieksploitasi. Hanya sekali dalam 90 menit Barcelona bisa melepaskan tendangan tepat sasaran ke gawang Gianluigi Buffon dari 17 percobaan.

Lionel Messi mencatatkan empat percobaan ke gawang, tapi tak satu pun yang bisa tepat sasaran karena gangguan konstan dari dua bek tangguh Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Jika tak menyamping, bola melambung di atas mistar.

Upaya menyerang gawang Buffon lewat tendangan sudut juga gagal. Sebanyak 13 sepak pojok sepanjang 90 menit terbuang percuma. 

Sementara Juventus bukan tanpa peluang. Tim tamu justru mendapat kesempatan untuk mencetak gol pada awal laga. Gonzalo Higuain gagal memaksimalkan tendangan bebas yang melambung di tepi kotak penalti. Juan Cuadrado juga menghadirkan ancaman di pertahanan Barcelona, namun berhasil diselamatkan oleh sliding tekel Gerard Pique. Andai tidak, bola kiriman sang winger akan diterima dengan bebas oleh Higuain yang berdiri bebas untuk menjebol gawang Blaugrana.

Pada babak kedua, Paulo Dybala nyaris membobol gawang Barca. Tapi, tak seperti laga pertama, bola yang dilepaskannya kurang melengkung untuk menaklukkan Marc-Andre ter Stegen. Total 12 percobaan dibuat Juventus, dan empat di antaranya tepat sasaran meskipun tak menghasilkan gol.

Meskipun tak semengilap laga pertama, performa Juventus cukup mengantarkan mereka ke semifinal ke-12 Liga Champions dalam sejarah klub. Ini merupakan kali pertama Bianconeri gagal menang dalam laga tandang Liga Champions musim ini. 

Sementara ini merupakan kali pertama Barcelona gagal menang dalam 16 pertandingan kandang Liga Champions di bawah Luis Enrique. Blaugrana tak pernah terkalahkan di Camp Nou sejak September 2013, tapi harus tersingkir di perempat final musim ini.