Kamis , 20 April 2017, 04:29 WIB

Monaco ke Empat Besar Liga Champions Usai Atasi Dortmund

Red: Israr Itah
AP Photo/Claude Paris
Penyerang muda AS Monaco Kylian Mbappe (kiri) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund bersama rekannya Radamel Falcao.
Penyerang muda AS Monaco Kylian Mbappe (kiri) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund bersama rekannya Radamel Falcao.

REPUBLIKA.CO.ID, MONACO -- Kylian Mbappe dan Radamel Falcao mencetak gol cepat untuk membawa Monaco mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 di leg kedua perempat final Liga Champions di Stade Louis II, Monaco, Kamis dini hari WIB. Tim kerajaan ini dipastikan lolos ke empat besar dengan kemenangan agregat 6-3.

Wonderkid asal Prancis Mbappe dan striker Kolombia Falcao mencetak gol pada menit ketiga dan ke-17, sebelum Marco Reus memberi harapan kepada tim tamu dengan gol pada menit ke-48. Namun, tak ada lagi gol bagi Dortmund hingga laga berakhir. Justru pemain pengganti tuan rumah Valere Germain memastikan kemenangan bagi wakil Prancis ini sembilan menit menjelang pertandingan usai.

Monaco bergabung dengan Real Madrid, Atletico Madrid, dan Juventus di kompetisi antarklub terelite Eropa, sekaligus menjadi tim Prancis pertama yang menembus semifinal sejak Olympique Lyonnais pada 2010.

"Kami senang berada di semifinal, ini penting bagi sepak bola Prancis," kata Falcao.

Kick-off laga kali ini kembali tertunda, tapi tidak 22 jam seperti leg pertama, hanya lima menit. Wakil Jerman ini terlambat tiba di Stade Louis-II karena kemacetan lalu lintas. Dortmund mengatakan via Twitter mereka bahwa bus tim tak diizinkan berjalan oleh polisi dari hotel mereka selama 20 menit.

Pelatih Dortmund Thomas Tuchel secara tersirat menyebut faktor psikologis menjadi penyebab utama kegagalan timnya. Pada laga pertama, Dortmund bermain hanya sehari setelah bus timnya diserang bom pekan lalu.

"Selama kedua pertandingan kami memiliki perasaan bahwa segala sesuatu yang salah bisa salah," katanya.

Sumber : REUTERS