Kamis , 20 April 2017, 09:36 WIB

Falcao, Pemain Paling Efektif di Kompetisi Eropa Sepanjang Masa

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
AP Photo/Claude Paris
Radamel Falcao
Radamel Falcao

REPUBLIKA.CO.ID, MONAKO -- Ketajaman Radamel Falcao di kompetisi Benua Biru mencatatkan torehan emas. Sumbangan satu golnya saat membantu AS Monaco mengatasi Borussia Dortmund dengan skor 3-1, Kamis (20/4) dini hari WIB jadi yang ke-45 untuknya di kompetisi antarklub Eropa.

Hebatnya, Falcao hanya membutuhkan 50 laga untuk mencapai torehan tersebut. Dilansir oleh laman resmi UEFA, atas catatan itu Falcao menjadi striker paling efektif saat berlaga di kompetisi Eropa.

Rasio mencetak gol Falcao mencapai 0,90 persen per laga, tertinggi dari pemain mana pun. Bahkan, rasio gol Falcao lebih baik dibanding sang top skorer sepanjang masa di kancah Eropa, Cristiano Ronaldo. Sejauh ini catatan 103 gol dari 144 laga yang Ronaldo buat melahirkan persentase rasio sebesar 0,72.

Hanya, Falcao memang pemain yang memulai karier sebagai striker dengan tugas utama mencetak gol. Sedangkan Ronaldo menjalani karier sebagai seorang winger saat ada di Sporting Lisbon dan Manchester United (MU). CR7 baru menjadi striker utama dalam beberapa tahun terakhir memperkuat Real Madrid. 

Falcao pun senang dengan catatan ini. Akan tetapi dia justru mengaku tak terlalu memikirkannya. Bagi dia, keberhasilan Monaco mencapai semifinal jadi kepuasan terbesarnya saat ini. "Saya senang bisa kembali mencetak gol, tapi lolosnya kami ke semifinal lebih membuat saya bahagia, langkah kami penting untuk sepak bola Prancis," kata Falcao.

Daftar pemain dengan rasio mencetak gol tertinggi di kompetisi Eropa (minimal sudah bermain dalam 20 laga):

1. 0,90: Radamel Falcao (Porto, Monaco) – 45 gol dari 50 laga

2. 0,87: Gerd Mueller (Bayern Muenchen) – 62 gol dari 71 laga

3. 0,86: Stephane Guivarc'h (Auxerre, Rennes, Newcastle) – 24 gol dari 28 laga

4. 0,86: Ferenc Puskas (Budapest Honved, Real Madrid) – 37 gol dari 43 laga

5. 0,83: Alfredo Di Stefano (Real Madrid) – 50 gol dari 60 laga