Kamis , 20 April 2017, 10:42 WIB

Enrique Sesalkan Kegagalan Barcelona

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
(Alessandro Di Marco/ANSA via AP
Luis Enrique
Luis Enrique

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kegagalan Barcelona di Liga Champions 2017 akan menjadi catatan akhir yang menyedihkan bagi karier kepelatihan Luis Enrique di Camp Nou. Pelatih 46 tahun tersebut mengatakan, tersingkir pada babak perempat final kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut, merupakan salah satu kegagalan terburuknya musim ini.

Enrique mengatakan, kegagalan menembus semifinal Liga Champions musim ini, bakal membekas lama. "Keikutsertaan Barcelona di Liga Champions musim ini tidak akan terlupakan. Tapi, kegagalan ini sangat kami sayangkan," ujar dia, seperti dikutip dari Sky Sport, Kamis (20/4).

Juventus berhasil menghentikan upaya Barcelona melaju ke babak semifinal Liga Champions. Nyonya Besar, menahan imbang tanpa gol skuat Blaugrana di Camp Nou pada leg kedua perempat final, Kamis (20/4) dini hari WIB. 

Hasil 0-0 tersebut, membuat skor agregat menjadi 0-3. Sebab pada laga sebelumnya, kepelatihan Massimiliano Allegri, mampu membekap Lionel Messi, dkk dengan skor tiga gol tanpa balas di Stadion Juventus, Rabu (12/4).

Bagi Enrique, hasil laga antara Barcelona dan Juventus, sudah memastikan pencapaian yang gagal di masa akhir kepelatihannya di Camp Nou musim ini. Sebab, pada musim terakhirnya bersama Barcelona, ia menghendaki bisa memberikan tiga trofi juara sebagai kado perpisahan, yaitu, mempertahankan gelar juara La Liga dan Copa del Rey, serta Liga Champions.

Peluang Barcelona untuk menjuarai La Liga juga tak mudah. Sebab, saat ini Blaugrana masih tertinggal dari Real Madrid sampai pekan ke-32.