Sabtu , 20 May 2017, 10:16 WIB

Mourinho Puji Kualitas Skuat Muda Ajax

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
REUTERS/Phil Noble
Jose Mourinho
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho memuji Ajax Amsterdam sebagai tim yang tak pantas diremehkan. Menurut Mourinho, ada alasan kuat mengapa Ajax bisa maju sampai final Liga Europa untuk melawan MU 25 pada Mei mendatang.

Mourinho mengatakan, meski diisi oleh pemain-pemain muda, Ajax sudah membuktikan usia bukanlah masalah. "Kualitas lah yang utama. Ajax melakukan investasi pembelian pemain dengan sangat tepat, tak mengejutkan kini mereka ada di final," kata Mourinho dikutip dari laman resmi MU, Sabtu (20/5).

Eks pelatih Real Madrid ini mengatakan, Ajax sudah terkenal sejak lama punya modal penting dalam membangun tim. Menurutnya, klub asal Belanda itu memiliki akademi pemain muda yang hebat plus tim pencari bakat ulung.

Tak heran menurutnya, saat ini Ajax mampu mengandalkan banyak pemain muda untuk berkiprah pada musim 2016/2017. Contohnya, kapten Ajax Davy Klaassen yang masih berusia 24 tahun.

Ia pun meminta pasukannya untuk tidak menganggap Ajax. Apalagi, saat ini kolektor lima gelar Liga Champions itu sedang mengincar kebangkitan mereka di Eropa. "Para pemain muda ini tak kebetulan ada di Ajax. Pelatih Ajax Peter Bosz juga melakukan pekerjaannya dengan sangat baik," kata Mourinho.

Ajax menjadi tim di Eropa dengan skuat muda yang rata-rata berusia 22,7 tahun. Sedangkan MU, punya skuat dengan rata-rata usia 26,7 tahun.