Ahad , 11 Juni 2017, 22:23 WIB

Drogba Cetak Gol pada Laga Debut di Kasta Kedua Liga AS

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
EPA/Will Oliver
Didier Drogba
Didier Drogba

REPUBLIKA.CO.ID, PHOENIX--Bintang sepak bola asal Afrika, Didier Drogba sukses melalui laga debutnya di klub kasta kedua Liga Amerika Serikat atau United Soccer League (USL), Phoenix Rising dengan sebuah gol. Pada laga yang dilangsungkan Ahad (11/6) dini hari WIB itu, mantan bintang Chelsea ini membantu timnya menang atas tamu mereka Whitecaps II dengan skor 2-1.

Drogba mencetak gol pertama dengan memanfaatkan lompatan tinggi yang jadi keunggulannya. Mendapat bola dari sayap kiri, Drogba sukses menanduk bola tanpa bisa ditepis dengan baik oleh kiper lawan.

Skor sempat disamakan menjadi 1-1. Tetapi, Drogba kembali bisa beraksi. Kali ini bukan dengan gol. Pemain 39 tahun ini memberikan assist kepada pencetak gol Shaun Wright Philips setelah sebelumnya merebut bola dari gelandang lawan. Drogba pun sukses membuat publik Phoenix Rising Soccer Complex berpesta.

Langkah karier Drogba yang pindah ke tim gurem erika pada April lalu memang sempat mengundang perhatian karena kualitasnya masih terbilang tinggi. Hal itu terlihat dari datangnya tawaran dari berbagai klub besar. Contohnya raksasa Brasil, Corinthias.

Ternyata, keputusan Drogba ini cukup masuk akal karena sosok asal Pantai Gading ini merupakan salahsatu pemilik klub tersebut. "Saya bergabung sebagai pemain dan salah satu pemilik klub ini, tentu akan jadi perjalanan yang menyenangkan bagi kami," kata Drogba dikutip dari ESPN kala itu.

Drogba mengatakan, ada potensi besar yang dia lihat dari liga di Amerika Utara ini. Menurutnya, kualitas USL tak jauh beda dengan Major League Soccer (MLS) yang merupakan kompetisi utama di negeri Paman Sam.

Drogba pun tak keberatan untuk tetap berkeringat di lapangan meskipun dia adalah bos besar di klubnya. "Ini jadi proyek yang menarik, kami akan berusaha menbawa tim ini promosi ke MLS," kata kolektor trofi Liga Primer Inggris dan Liga Champions bersama Chelsea ini.