Senin , 12 June 2017, 19:39 WIB

Fenerbahce Umumkan Gaet Eks Gelandang Timnas Prancis

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
REUTERS/Robert Pratta
Mathieu Valbuena
Mathieu Valbuena

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Raksasa Liga Super Turki Fenerbahce mengumumkan pembelian gelandang mungil asal Prancis Mathieu Valbuena pada Senin (12/6) petang WIB. Dinukil dari ESPN, gelandang dengan tinggi 1,67 meter ini dibeli dari Lyon dengan harga 4 juta euro (Rp 59 miliar).

"Fenerbahce terus menambah kekuatan setelah sebelumnya membeli Mehmet Ekici dari Trabzonspor," tulis ESPN.

Valbuena mulai dikenal luas saat jadi penggawa utama timnas Prancis pada Piala Dunia 2014. Kala itu, penampilannya mengundang decak kagum. Meski punya tinggi jauh di bawah rata-rata orang Eropa, ia bisa bermain baik dengan kemampuannya menjaga bola dan pergerakan licinnya. Valbuena juga bisa mengatur serangan dengan baik.

Kariernya sudah gemilang ketika jadi aktor yang mengantarkan Marseille meraih trofi Ligue 1 musim 2008/2009. Sayang, perlahan kariernya mulai memudar saat memperkuat Olympique Lyon 2015 silam. Kedatangan Memphis Depay Januari 2017 semakin membuat pemain 32 tahun ini tergeser sehingga memilih untuk hengkang. Musim lalu, ia cuma bermain sebanyak 15 kali untuk Lyon.

Di timnas pun kariernya langsung redup usai kasus skandal pemerasan. Ia sama sekali tak terlibat dalam langkah Prancis menjadi finalis Piala Eropa 2016.

Fenerbahce cuma finis di peringkat ketiga pada musim 2016/2017. Robin van Persie dan kawan-kawan tak mampu menembus fase Liga Champions dan harus kembali bermain di Liga Europa.