Kamis , 15 Juni 2017, 17:03 WIB

Robben Merasa Akhir Kariernya Sudah Dekat

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
EPA/Andreas Gebert
Gelandang Bayern Muenchen, Arjen Robben.
Gelandang Bayern Muenchen, Arjen Robben.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN--Winger milik Bayern Muenchen, Arjen Rooben merasa saat ini akhir dari kariernya semakin dekat. Pemain berusia 33 tahun ini mengatakan, tahun depan mungkin ia sudah tidak akan lagi berlari di lapangan. "Setiap hari, saya selalu memikirkan hari esok, dan mungkin sudah saatnya saya memikirkan tempat lain untuk melanjutkan hidup," ujar Robben kepada Kicker, dikutip Kamis (15/6).

Meski demikian, Robben mengaku tak merasakan tekanan sama sekali. Untuk sekarang ia ingin fokus dulu kepada kariernya saat ini. Setelah itu, tahun depan barulah Robben akan mengambil keputusan. Hanya saja, ia mengaku sudah memastikan tentang satu hal. Yakni, sebelum pensiun kapten timnas Belanda ini ingin lebih dulu kembali ke klub masa remajanya, Groningen.

Klub yang berkiprah di Liga Eredevisie Belanda ini merupakan tempat pertama Robben menimba ilmu sepak bola hingga kemudian memulai karier profesionalnya tahun 2000 silam. "Mungkin saya bisa mempersembahkan sesuatu di sana. Tapi dalam enam bulan pertama masa pensiun, saya ingin menjauh dulu dari kegiatan sepak bola," kata Robben.

Robben mulai banyak menepi karena ragam cedera kambuhan yang menimpanya. Meski demikian, pemain kidal ini masih bisa tampil baik di setiap kesempatan. Di Bundesliga Jerman contohnya, musim 2016/2017 ia hanya bermain sebanyak 26 kali tapi bisa mencetak 13 gol.