Rabu , 12 Juli 2017, 07:33 WIB

Ini Uang yang Dikeluarkan Muenchen untuk James Rodriguez

Red: Israr Itah
EPA/ARMANDO BABANI
James Rodriguez
James Rodriguez

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen mengumumkan akuisisi James Rodriguez dari Real Madrid. Penyerang timnas Kolombia ini dipinjam selama dua musim dan akan bekerja sama dengan pelatih Carlo Ancelotti.

Kesepakatan ini boleh dikatakan menguntungkan semua pihak. Madrid tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menggaji James yang lebih banyak duduk di bangku cadangan musim lalu. Adapun Muenchen mendapatkan servis berkelas tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Seperti dikutip dari laporan Marca, Selasa (11/7), Muenchen hanya perlu membayar ke Madrid sebesar lima juta euro tiap musim (Rp 76,6 miliar). Muenchen juga bertanggung jawab atas kompensasi penuh dari gaji James, yang mencapai 8 juta euro (Rp 122,6 miliar) untuk tahun pertama dan 8,2 kuta euro (Rp 125,7 miliar) musim berikutnya.

Muenchen memiliki opsi pembelian dengan harga 40 juta euro (Rp 613 miliar) yang tidak wajib pada akhir pinjaman dua tahunnya. 

Dengan demikian, Madrid tidak akan diminta untuk mengurus pembayaran apapun untuk James. Sementara kesepakatan antara keduanya klub menunjukkan bonus yang dapat meningkatkan biaya yang dibayarkan oleh Bayern ke Madrid tergantung pada keberhasilan klub Jerman itu.

Sifat opsional dari biaya pembelian yang ditetapkan pada eks bintang Monaco tersebut menyiratkan bahwa jika Muenchen menolak untuk mempermanenkannya setelah dua musim, James akan kembali ke Madrid. Sebab kontraknya dengan Madrid akan berakhir pada 2020.