Senin , 17 July 2017, 15:01 WIB

Tinggalkan Inggris, Ali Al Habsi Gabung Al Hilal

Red: Israr Itah
Sky Sports
Ali Al Habsi.
Ali Al Habsi.

REPUBLIKA.CO.ID, HONGKONG -- Ali Al Habsi mengakhiri 11 tahun kiprahnya merumput di Inggris. Kiper internasional Oman ini pindah ke klub Arab Saudi Al Hilal dari Reading yang berlaga Divisi Championship Inggris. Kepindahan ini diumumkan juara Asia dua kali tersebut pada Senin (17/7).

Al Habsi merupakan kiper pertama dari kawasan Teluk yang bermain di Liga Inggris. Awalnya kiper Muslim ini menghabiskan empat tahun sebagai pelapis Jussi Jaaskelainen di Bolton Wanderers sebelum bergabung dengan Wigan pada 2011 setelah menjalani masa peminjaman selama setahun.

Sorotan terbesar pada karier pria 35 tahun itu terjadi pada 2013. Ia memenangi Piala FA di tengah masa kerja lima tahunnya di Wigan Athletic. Al Habsi kemudian pindah ke Reading pada 2015.

Al Habsi dapat bergabung dengan Al Hilal setelah klub Arab Saudi tersebut melonggarkan peraturan-peraturan terkait pemain-pemain asing. Operator liga mengizinkan klub-klub peserta untuk mempekerjakan kiper-kiper asing.

Sang kiper merupakan pemain terbaik Reading musim lalu. Ia diharapkan membuat debut kompetitifnya untuk Al Hilal ketika klub yang bermarkas di Riyadh itu berhadapan dengan wakil Uni Emirat Arab pada perempat final Liga Champions Asia bulan depan.





Sumber : Antara