Jumat , 11 August 2017, 21:53 WIB

DC United Rekrut Pemain Bintang Jelang Penutupan Transfer

Red: Israr Itah
dok DC United
Pemain bintang DC United Paul Arriola.
Pemain bintang DC United Paul Arriola.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- DC United, klub yang paling banyak meraih gelar dalam sejarah sepak bola AS, terus menunjukkan ambisi meningkatkan kekuatan menyongsong penampilan di stadion baru Audi Field tahun depan. DC United mendatangkan satu pemain bintang yang masuk kategori designated player, yakni Paul Arriola, serta tiga pemain papan atas lainnya.

Designated player adalah pemain yang ditransfer atau mendapatkan gaji dengan harga tinggi, melebihi salary cap (pagu gaji) klub. Aturan ini awalnya mengakomodasi kedatangan megabintang David Beckham ke MLS. Sehingga, klub-klub peserta MLS bisa memperkuat kekuatan dengan mendatangkan pemain bintang berharga atau bergaji mahal.

Arriola, 22 tahun, baru-baru ini memenangkan turnamen internasional bergengsi Piala Emas CONCACAF bersama Amerika Serikat. Ia didatangkan dengan biaya transfer terbesar yang dikeluarkan dalam sejarah klub ke klub Meksiko Club Tijuana.

Dilaporkan Washington Post, Kamis (10/8), kedatangan Arriola memecahkan rekor sebelumnya setahun yang lalu ketika DC United menandatangkan pemain tengah Argentina Luciano Acosta dari Boca Juniors. Arriola ditebus dengan harga 3 juta dolar AS, lebih dari dua kali lipat biaya yang dikeluarkan DC United untuk Acosta.

DC United juga membayar sejumlah uang untuk LA Galaxy yang memiliki hak Arriola di MLS karena sang pemain pernah bergabung dengan akademi Galaxy. Di tim Hitam Merah, Arriola dilaporkan digaji lebih dari 1 juta dolar AS selama semusim hingga 2020, jumlah yang besar untuk ukuran MLS.  

DC United juga mengakuisisi gelandang Hungaria berusia 28 tahun Zoltán Stieber dari klub tradisional Jerman Kaiserslautern, yang menandatangani kontrak jutaan dolar. Dua kontrak tersebut mewakili uang paling banyak yang telah dikeluarkan dalam sejarah klub.

Tim yang berbasis di Washington ini juga mengakuisisi Russell Canouse dari tim Bundesliga Jerman TSG 1899 Hoffenheim, bersama dengan pemain depan internasional Bolivia Bruno Miranda, sebuah produk dari akademi terkenal Amerika Selatan, Tahuichi. Legenda DC United dan Bolivia Marco Etcheverry dan Jaime Moreno bermain di sana.

"Kami telah memperhatikan Paul untuk beberapa waktu, dan kecerdasan, kecepatan, kemampuan teknis dan masa depannya yang cerah dengan tim nasional membuatnya sangat sesuai untuk organisasi ini karena kami terus memperkuat daftar pemain kami," Dave Kasper, general manager United dan wakil presiden operasional sepak bola. "Berkat investasi dari pemilik, kami sangat senang telah mengamankan pemain AS kaliber internasional untuk jangka panjang."

Arriola telah membuat lebih dari 100 penampilan di semua kompetisi untuk Club Tijuana, dan membuat debut Liga MX pada 19 Juli 2013 sebagai pemain yang berusia 18 tahun. Kurang dari sepekan kemudian, ia mencetak gol di Liga Champions CONCACAF. Baru-baru ini, Arriola mencetak gol kemenangan untuk Tijuana pada di Copa Meksiko.

Pemain depan serbabisa ini telah mewakili Amerika Serikat di setiap tingkat, yang berpuncak pada debut tim seniornya pada 22 Mei 2016, melawan Puerto Riko. Ia mencetak gol dan membuat assist pada laga itu. Arriola menjadi pemain kesembilan dalam sejarah AS yang mencetak gol dalam dua pertandingan internasional pertamanya saat dia mencetak gol terakhir Yanks dalam kemenangan 4-0 atas Trinidad dan Tobago pada Kualifikasi Piala Dunia, September lalu.

Arriola telah mengumpulkan 11 caps dengan tim nasional hanya dalam waktu satu tahun.

"Ini adalah hari yang penting bagi klub, dan mengamankan pemain dengan masa depan yang cerah seperti Paul menandakan momentum luar biasa yang dimiliki klub ini, tidak hanya untuk sisa musim ini, namun saat kami memasuki rumah baru kami di Audi Field," kata Jason Levien dan Erick Thohir, mitra pengelola United.

"Tempat kelas dunia membutuhkan bakat kelas dunia, dan Paul adalah contoh lain dari komitmen yang kami miliki untuk mendatangkan pemain luar biasa yang akan mewakili tim Hitam dan Merah selama bertahun-tahun yang akan datang."

Paul Arriola

Posisi: gelandang

Tempat lahir: Chula Vista, Kalifornia 

Negara: Amerika Serikat

Caps: 11 (2 gol)

Tanggal lahir: 02/05/1995

Umur: 22

Tinggi: 5'6 "

Berat: 146

Sebelumnya Club: Club Tijuana (Liga MX, Meksiko)