Senin , 21 August 2017, 07:25 WIB

Neymar Dua Gol, 10 Pemain PSG Permalukan Toulouse

Red: Israr Itah
AP Photo/Kamil Zihnioglu
Neymar
Neymar

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Neymar Jr membuat debutnya di Parc des Princes bersama Paris  Saint-Germain (PSG) dengan sempurna. Dua gol, tiga assist, dan satu aksi yang berbuah penalti ditorehkan bintang timnas Brasil saat membawa PSG mempermaluan Toulouse 6-2, Senin (21/8) dini hari WIB.

PSg kebobolan lebih dulu oleh gol tendangan voli Mark Gradel pada menit ke-18. Namun Neymar berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-31 setelah ia menyambar bola tendangan Adrien Rabiot yang dimentahkan kiper Toulouse Albant Lafont. Rabiot sebelumnya mendapatkan operan cantik Neymar.

Empat menit berselang, Rabiot kembali mendapatkan sodoran bola dari Neymar. Kali ini ia tak lagi gagal. Sepakan jarak jauhnya membuat PSG berbalik unggul.

Menit ke-69, PSG kehilangan Marco Verratti yang menerima kartu kuning kedua. 

Tapi dengan 10 orang, Les Rouge et Bleu tetap menyerang. Hasilnya, aksi Neymar di kotak 16 Toulouse dihentikan secara ilegal. Penalti. Edinson Cavani mengubahnya menjadi gol pada menit ke-75.

Toulouse berhasil mendekat lewat gol bunuh diri Thiago Silva. Bek Brasil ini sial karena bola tandukan pemain Toulouse Christopher Jullien dari sepak pojok mengenai kepalanya dan meluncur deras ke gawang PSG yang dijaga Alphonse Areola. Skor 3-2 untuk PSG.

Namun tuan rumah kembali menjauh setelah Javier Pastore melepas tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang tidak bisa diantisipasi Lafont.

Dua gol terakhir menjadi panggung Neymar. Menit ke-84 dari situasi sepak pojok, Neymar dengan cerdik melihat Layvin Kurzawatak terjaga. Ia langsung mengirimkan bola yang diselesaikan dengan tendangan salto oleh Kurzawa. Gol tambahan untuk PSG.

Neymar kemudian menggenapkan kemenangan tuan rumah pada menit kedua injury time setelah aksinya mengecoh tiga bek lawan diakhiri degan tendangan mendatar yang menaklukkan Lafont. Sontak publik Parc des Princes memberikan applaus meriah menyambut gol Neymar dan penampilan apiknya pada laga perdana di Parc des Princes.

Hasil ini membuat PSG memuncaki klasemen Ligue 1 dengan nilai sembilan, unggul selisih gol dari AS Monaco di posisi kedua dan Saint-Etinne di peringkat tiga.