Kamis , 24 Agustus 2017, 10:23 WIB

Undian Grup Liga Champions: Pot Dua Lebih 'Menyeramkan'

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, MONAKO -- Lengkap sudah kontestan babak grup Liga Champions musim ini. Sebanyak lima klub menjadi yang terakhir memastikan lolos setelah melakoni leg kedua babak play-off pada Kamis (24/8) dini hari WIB.

Liverpool merupakan salah satu tim tradisional yang dinanti. The Reds berhasil melaju ke fase grup setelah mengalahkan Hoffenheim dengan aggregat 6-3. The Reds akan masuk pot 3 dalam undian yang akan berlangsung di Monako pada Kamis malam WIB.

Pot 1 diisi oleh juara bertahan Liga Champions (Real Madrid) dan tim juara dari delapan liga tertinggi versi UEFA. Real Madrid sudah pasti terhindar dari Chelsea (Inggris), Bayern Muenchen (Jerman), AS Monaco (Prancis), dan Juventus (Italia) yang berstatus tim elite.

Meski pot 1 diisi oleh para juara, namun pot 2 justru terlihat lebih 'menyeramkan'. Sebab di pot ini lebih banyak berkumpul klub-klub besar atau tim yang dinilai punya kekuatan hebat dalam beberapa tahun terakhir. Ada Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain (PSG), Manchester City, Manchester United, Borussia Dortmund, Sevilla, dan Porto. 

Madrid akan terhindar dari Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla karena tidak boleh ada satu grup yang diisi dua tim dari negara yang sama. Namun Los Blancos berpeluang meladeni lawan-lawan tangguh sekelas duo Manchester, Dortmund, atau tim kaya yang sekarang diperkuat Neymar, PSG. Lawan yang sedikit lebih ringan hanya Porto.

Laga penyisihan grup Liga Champions akan dimulai pada 12 dan 13 September. 

Berikut pembagian pot undian babak penyisihan grup Liga Champions 2017/18 : 

Pot 1: Real Madrid, Bayern Muenchen, Chelsea, Juventus, Benfica, Monaco, Spartak Moskow dan Shakhtar Donetsk.

Pot 2: Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, Sevilla, Mancheter City, Porto dan Manchester United.

Pot 3: Napoli, Tottenham, Basel, Olympiakos, Anderlecht, Liverpool, Roma, dan Besiktas

Pot 4: Celtic, CSKA Moskow, APOEL, Feyenoord, Sporting CP, Maribor, Qarabag dan RB Leipzig.