Kamis , 14 September 2017, 04:39 WIB
Liga Champions

Penalti Gagal, Liverpool Ditahan Imbang Sevilla

Red: Israr Itah
AP Photo/Frank Augstein
Dua pemain Liverpool, Gerginio Wijnaldum (kanan) dan Dejan Lovren hanya bisa menyaksikan gawangnya dibobol pemain Sevilla Joaquin Correa pada laga Grup E Liga Champions, di Anfield, Kamis (14/9) dini hari WIB.
Dua pemain Liverpool, Gerginio Wijnaldum (kanan) dan Dejan Lovren hanya bisa menyaksikan gawangnya dibobol pemain Sevilla Joaquin Correa pada laga Grup E Liga Champions, di Anfield, Kamis (14/9) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool harus membayar harga kegagalan mencetak penalti pada babak pertama saat menjamu Sevilla pada laga pembuka Grup E Liga Champions, di Anfield, Kamis (14/9) dini hari WIB. The Reds akhirnya ditahan imbang 2-2 

Liverpool yang sempat tertinggal oleh gol cepat Wissam Ben Yedder pada menit kelima mampu menguasai keadaan dan berbalik unggul menjelang laga usai. Roberto Firmino menyamakan kedudukan pada menit ke-21 setelah ALberto Moreno yang lepas di sisi kiri mengirim umpan tepat di mulut gawang. Sergio Rico mencoba memotong bola tapi terlambat membuat Firmino dengan mudah meneruskan bola ke gawang kosong. 

Liverpool balik memimpin pada menit ke-37. Bola operan Mohamed Salah kepada rekannya berhasil dipotong pemain Sevilla Steven N'zonzi. Tapi salah tak mau kalah merebut kembali bola dari kaki N'Zonzi dan melepas tendangan dari luar kotak penalti. Bola sempat mengenai kaki bek Simon Kjaer dan melambung membuat Sergio Rico mati langkah untuk menahan bola.

Liverpool punya peluang unggul 3-1 saat babak pertama berakhir setelah Nicolas Pareja handball sekaligus menahan laju Sadio Mane di kotak terlarang. Wasit Danny Makkelie tak ragu menunjuk titik putih. Sayang, Firmino yang mengarahkan bola ke kanan sudah sebenarnya sudah mengecoh Rico, tapi bola hanya membentur tiang dan gagal berbuah gol.

Babak kedua, Liverpool tetap lebih dominan mengendalikan laga. Tapi serangkaian serangan the Reds gagal berbuah gol. 

Keputusan pelatih Eduardo Berizzo memasukkan Luis Muriel pada menit ke-69 menggantikan Ben Yedder berbuah manis. Sebuah pergerakan Muriel dituntaskan oleh Joaquin Correa pada menit ke-72 untuk menaklukkan kiper Loris Karius untuk kali kedua pada laga ini. Skor imbang 2-2.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp merespons dengan memasukkan Philippe Coutinho pada menit ke-76 menggantikan Emre Can. Belum cukup, ia menarik Mane dan memasukkan Daniel Sturridge pada menit ke-84. Terakhi, semenit jelang waktu normal, ALex Oxlade-Chamberlain merumput menggantikan Salah, tapi gol kemenangan yang dicari tak kunjung tercipta.