Kamis , 14 September 2017, 06:33 WIB
Liga Champions

Debut RB Leipzig di Liga Champions Berakhir Imbang

Red: Israr Itah
AP Photo/Michael Sohn
Pemain Leipzig Yussuf Poulsen (tengah) dijaga dua pemain AS Monaco dalam pertandingan Grup G Liga Champions, Kamis (14/9) dini hari WIB.
Pemain Leipzig Yussuf Poulsen (tengah) dijaga dua pemain AS Monaco dalam pertandingan Grup G Liga Champions, Kamis (14/9) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- RB Leipzig bermain imbang 1-1 dengan tamunya AS Monaco, ketika mereka membuat debut di Liga Champions di Red Bull Arena, Kamis (14/9) dini hari WIB. Debut Leipzig ini hanya delapan tahun setelah klub tersebut dibentuk.

Kedua gol tercipta dalam rentang waktu dua menit pada babak pertama. Emil Forsberg membawa klub Liga Jerman itu memimpin dan Youri Tielemans segera membalasnya untuk semifinalis musim lalu itu pada laga Grup G.

Ini merupakan pertama kalinya tim dari Leipzig memainkan pertandingan kompetisi klub Eropa sejak Lokomotiv Leipzig-- yang kini berada di strata keempat--menjamu Napoli pada 1988. Kala itu Napoli diperkuat Diego Maradona dan laga berlangsung di wilayah Jerman Timur.

Leipzig secara resmi dibentuk pada 2009 setelah membeli lisensi klub strata kelima SVV Markranstadt dan dengan cepat melejit ke divisi atas dengan sokongan keuangan dari produsen minuman energi Red Bull. Mereka mampu finis di peringkat kedua Liga Jerman pada debutnya musim lalu.

Forsberg mengemas gol Eropa pertama mereka ketika ia berada bebas di sisi kiri dan melakukan sprint 30 meter sebelum menempatkan bola melewati Diego Benaglio.

Tidak lama setelah mereka merayakan gol itu, umpan silang Fabinho dari sisi kanan disundul melintasi gawang oleh Adama Diakhaby untuk diteruskan Tielemans. Upaya pertamanya masih dapat digagalkan Peter Gulacsi, namun penyerang Belgia itu mampu segera menyambar bola pantul.

Sumber : Antara/Reuters