Kamis , 14 September 2017, 07:09 WIB
Liga Champions

Pochettino Lega Tottenham Petik Kemenangan di Wembley

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
AP Photo/Frank Augstein
Mauricio Pochettino
Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keberuntungan menjauhi Tottenham Hotspur saat berlaga di Stadion Wembley pada Liga Champions musim lalu. Tapi nasib buruk tersebut tampaknya akan berakhir musim ini setelah Spurs memetik kemenangan 3-1 atas Borussia Dortmund pada laga pembuka Grup H Liga Champions, Kamis (14/9) dini hari WIB.

Tiga gol Spurs diciptakan oleh Son Heung-Min (menit ke-4) dan Harry Kane (menit ke-15 dan 60). Sementara Dortmund mencetak satu gol yang dipersembahkan oleh Andriy Yarmolenko (11').

Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino pun lega. Ia mengatakan, kemenangan itu lebih berarti daripada sekedar tiga angka. Itu adalah kemenangan pertama mereka di kandang sementara mereka di Wembley dalam tiga usaha musim ini. Sejauh ini, Spurs baru mencatat tiga kemenangan dari 13 laga di Wembley.

"Saya pikir fantastis untuk banyak hal dengan kemenangan ini. Saya pikir itu sebabnya, bagi saya, lebih dari sekedar omongan tentang kinerja yang bagus, lebih penting dari tiga angka, dan persepsi yang bisa kita dapatkan untuk masa depan," kata Pochettino, dilansir dari Sky Sports, Kamis (14/9).

Dortmund mendominasi bola dalam waktu yang lama dan seharunya mereka mendapatkan gol penyeimbang pada babak kedua. Namun, posisi penyerang Pierre-Emerick Aubemayang dianggap offside saat mencetak gol.

Pochettino mengatakan bahwa ia senang karena timnya mendapat ujian itu. Pelatih asal Argentina ini mengakui aksi para pemain Dortmund begitu tangguh dan mereka mendominasi permainan. Ia menilai, babak pertama begitu sulit bagi timnya. Beruntung, ia punya Harry Kane yang tajam dalam mengeksekusi peluang.  

"Ini adalah kemenangan penting saat Anda tidak mendominasi lawan tapi Anda menunjukkan kekuatan yang berbeda," kata dia.