Selasa , 26 September 2017, 11:27 WIB

UEFA Restui Muenchen Mainkan Kiper Veteran di Liga Champions

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
EPA/Marc Mueller
Tom Starke
Tom Starke

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memberikan Bayern Muenchen lampu hijau untuk memanggil kiper veteran mereka, Tom Starke, ke dalam skuat Liga Champions. Hal itu setelah Bayern kehilangann kapten Manuel Neuer yang didera cedera dan membuatnya bisa menepi hingga tahun baru.

Starke pensiun pada akhir musim. Pemain berusia 36 tahun itu kemudian menjadi kordinator kiper di akademi pemuda Bayern yang baru pada bulan lalu.

Namun demikian, ia harus membantu Bayern dalam tur mereka ke Cina dan Singapura pada musim panas Eropa tahun ini. Saat itu, kiper pilihan utama Neuer (mengalami retak) dan pemain cadangan Sven Ulreich (cedera siku) keduanya absen karena cedera. Neuer absen hingga 2018, setelah mengalami patah tulang kakinya yang ketiga kalinya dalam enam bulan terakhir pada Senin (25/9) waktu setempat.

Sementara itu, Starke awalnya tidak didaftarkan dalam skuat Liga Champions untuk Bayern. Namun, UEFA menyatakan bahwa mereka bisa memanggil Starke untuk kompetisi Eropa tersebut. "jika sebuah klub tidak dapat mengandalkan layanan setidaknya dua kiper yang terdaftar di Daftar A karena cedera atau penyakit jangka panjang (yaitu yang berlangsung 30 hari), klub sementara dapat menggantikannya kapan saja selama musim ini," demikian pernyataan UEFA, seperti dilansir dari ESPN, Selasa (26/9).

Meskipun blunder-nya saat melawan Wolfsburg yang berakhir mengecewakan dengan imbang 2-2, Ulreich akan kembali mewakili Neuer saat melawan Paris Saint-Germain pada Kamis (28/9). Sementara itu, David Alaba dan Thiago Alcantara telah berlatih pada Senin dan bisa membuat comeback mereka setelah didera cedera.

Alaba menderita cedera pergelangan kaki saat bertugas di timnas awal bulan ini. Sedangkan Alcantara absen dari laga melawan Wolfsburg karena cedera pada kemaluannya.