Rabu , 11 October 2017, 19:36 WIB

Kesempatan AS Monaco Kejar PSG

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
AP Photo/Claude Paris
Tim AS Monaco merayakan gelar juara Ligue 1 musim 2016/2017.
Tim AS Monaco merayakan gelar juara Ligue 1 musim 2016/2017.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON -- AS Monaco harus meraih tiga poin jika ingin menempel Paris Saint-Germain (PSG) di klasemen sementara Ligue 1 Prancis. Untuk itu, Monaco harus mempertahankan keunggulan saat tandang ke markas Lyon, Parc Olympique Lyonnais pada Sabtu (14/10) nanti.

AS Monaco harus menerima kegagalan menggusur PSG dari puncak klasemen setelah mendapatkan hasil imbang dari Montpellier 1-1 pada 30 September 2017 lalu. Padahal, Monaco sempat memiliki poin yang sama dengan PSG yakni 18 poin.

Tapi karena Monaco mendapatkan hasil seri dan PSG menang dari Bordeaox 6-2, kini Monaco terpaut tiga poin di bawah rivalnya. Karena itu untuk bisa menempel PSG di posisi puncak, maka Monaco harus menang di pertandingan tandang ini.

Sayangnya, Monaco menghadapi lawan yang tangguh Lyon. Lyon salah satu tim papan atas di Prancis. Pada musim lalu Lyon finis di urutan empat besar.

Saat ini tim asuhan Genesio Bruno memang belum menunjukkan performa terbaik. Lyon baru empat kali menang dari delapan pertandingan pada musim ini.

Lima pertandingan terakhir kedua tim tidak begitu memuaskan. Dari lima pertandingan terakhir Monaco baru dua kali menang, yakni ketika melawan Lille dengan skor akhir 4-0 dan menghadapi Strasbourg dengan skor akhir 3-0. Tapi Monaco harus puas dengan hasil seri melawan Montpellier di kandang.

Sementara, Lyon belum pernah memang dari lima pertandingan terakhir. Lyon mengawali musim ini dengan cukup baik dengan dua kali kemenangan berturut-turut. Tapi lalu Lyon mendapatkan hasil seri sebelum kembali menang melawan Gingamp 1-0.

Setelah dikalahkan PSG 0-2 pada bulan September lalu, Lyon belum meraih satu kali pun kemenangan. Sebagai juara bertahan Ligue 1, Monaco tentu tidak mau membuang kesempatan untuk mengejar PSG.

Jelang laga ini tuan rumah berada dalam kondisi yang cukup prima. Hanya Marcelo yang terkena hukuman kartu dan Pepe Cheikh cedera pergelangan kaki sehinng tidak bisa diturunkan. Selebihnya pemain-pemain Lyon siap menjamu Monaco.

Di sisi Monaco, Adama Diakhaby dipastikan absen pada laga ini karena mengalami cedera. Kiper muda Loic Badiashile juga diperkirakan tidak bisa diturunkan karena cedera begitu juga dengan Steva Jovetic yang cedera paha.

Berita Terkait