Kamis , 12 October 2017, 14:15 WIB

Kaka tak akan Perpanjang Kontrak di Orlando City

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Endro Yuwanto
EPA/Daniele Mascolo
Ricardo Kaka
Ricardo Kaka

REPUBLIKA.CO.ID, ORLANDO -- Mantan gelandang AC Milan, Ricardo Kaka, mengumumkan bahwa tidak akan memperpanjang kontraknya sebagai pemain di Orlando City. Mantan gelandang timnas Brasil itu pekan ini mengungkapkan ia kehilangan kebahagiaan bermain karena butuh pemulihan kondisi fisik.

Pernyataan Kaka ini mengisyaratkan dirinya bisa mengikuti jejak pemain New York City, Andrea Pirlo, yang mengumumkan pensiunnya merumput di lapangan hijau.

Kaka ditawari kontrak baru untuk tetap tinggal di klub kompetisi Liga Amerika Serikat (AS) untuk musim 2018 mendatang. Direktur Eksekutif Orlando Alex Leitao mengatakan kepada Orlando Sentinel bahwa Kaka telah menyatakan keinginannya untuk bermain selama setahun lagi.

Namun, gelandang berusia 35 tahun ini kini memilih untuk menarik waktu bermainnya dengan klub pada akhir musim MLS nanti. Keputusan itu diambilnya setelah pertimbangan selama dua bulan.

"Siklus pertama saya sebagai pemain Orlando akan selesai di akhir musim ini," kata Kaka saat duduk bersama Leitao dan pemilik utama Orlando City, Flavio Augusto da Silva seperti dilansir dari Sky Sports, Kamis (12/10).

Kaka masih ragu-ragu mengenai langkah selanjutnya. Namun, ia mengklarifikasi komentar sebelumnya mengenai kondisi fisiknya yang tidak akan mempengaruhi keputusan untuk bermain atau tidak. Menurutnya, rasa sakit tidak akan menjadi dasar dari keputusannya.

"Sebagai pemain sepak bola, setiap orang memiliki rasa sakit dan Anda harus mengorbankan tubuh untuk itu. Keputusan saya tidak didasarkan pada situasi fisik dan tidak akan terjadi di masa depan," jelas Kaka.

Kaka mengungkapkan, ia bisa saja kembali ke Orlando City sebagai duta besar. Hal itu lantas mendapat dukungan dari para petinggi klub.

Leitao mengatakan, Orlando harus berdiri sendiri dan belajar berjalan tanpa Kaka. "Pintu akan selalu terbuka untuk Anda dalam apapun yang Anda putuskan untuk dilakukan pada fase hidup Anda selanjutnya," kata dia.

Kaka tercatat pernah memenangkan Liga Champions dan Serie A Italia selama merumput di Milan. Ia telah mencetak 70 gol dalam 193 penampilan untuk Rossoneri pada musim 2003 hingga 2009.