Jumat , 13 Oktober 2017, 08:50 WIB

Robben Terkejut Ketika Tahu Heynckes Latih Muenchen

Rep: Gilang Akbar Prambadi/Lintar Satria/ Red: Ratna Puspita
AP/Peter Dejong
Arjen Robben
Arjen Robben

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pemain senior Bayern Muenchen Arjen Robben tak pernah menyangka Jupp Heynckes akan kembali melatih Die Roten. Robben mengatakan, sebelum Heynckes dimumkan sebagai pelatih pekan lalu, manajemen klub tak pernah berdiskusi dulu dengan para pemain.

"Saat itu saya sedang beraa di Belanda untuk menjalani laga kualifikasi Piala Dunia. Kemudian saya mendapat kabar Heynckes jadi pelatih kami. Saya terkejut karena namanya tidak pernah disinggung sama sekali sebelumnya," kata Robben dikutip dari ESPN, Jumat (13/10).

Menurut Robben, media massa di Belanda juga memuat berita tentang pengganti Carlo Ancelotti. Namun, dia mengatakan, tidak ada yang menyinggung nama Heynckes. Kendati demikian, dia menuturkan, penunjukkan Heynckes menjadi kejutan besar yang positif. 

Pemain 33 tahun ini mengaku, sangat senang karena Heynckes yang ditunjuk sebagai pelatih baru. Menurut Robben, Heynckes yang pernah sukses bersama Muenchen adalah sosok tepat ketimbang nama lainnya.

"Kembalinya Heynckes merupakan kejutan besar bagi saya. Tapi itu merupakan kejutan yang positif," kata Heynckes.

Muenchen mengangkat Heynckes sebagai pelatih setelah beberapa hari sebelumnya memecat Carlo Ancelotti. Heynckes bukanlah sosok asing di Allianz Arena. Kakek 74 tahun itu memberikan treble winners bagi Muenchen pada 2013

Robben pernah menjuarai Liga Champions di bawah kepemimpinan Heynckes pada musim 2012-2013. Robben pun sangat percaya diri dengan kondisi timnya yang kini dipimpin oleh Heynckes. 

Pemain yang baru memutuskan pensiun dari timnas Belanda ini yakin Heynckes akan mengembalikan kejayaan Muenchen. Namun, Robben mengingatkan kawan-kawannya agar tidak menggantungkan segala hal kepada Heynckes. Menurut Robben, langkah Muenchen akan sangat ditentukan oleh pemain.

“Kami harus bisa menerapkan apa yang Heynckes mau. Kami harus meningkatkan kemampuan kami dan sebisa mungkin tampil dengan karakter pemenang," kata Robben.

Petualangan Muenchen bersama Heynckes akan dimulai pada laga kontra Freiburg akhir pekan ini. Robben pun berniat menipiskan jarak dari Borussia Dortmund. “Kami terpaut lima poin dari [Borrusia] Dortmund dan tentu kami tidak bisa membiarkan jaraknya ini semakin menjauh," kata Robben.

Robben mengatakan saat ini ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. "Kami harus meningkatkan permainan kami dan saya yakin kami bisa meraih itu. Sebagai tim kami menunjukkan karakter sekarang," katanya. 

Muenchen memecat Carlo Ancelotti akhir bulan lalu karena performa buruk Muenchen di awal musim ini. Kekalahan 3-0 dari Paris Saint-Germain di Liga Champions membuat Muenchen memutuskan untuk memecat Ancelotti.

Berita Terkait