Kamis , 19 October 2017, 07:21 WIB

Chelsea Ditahan Roma, Conte Salahkan Perubahan Formasi

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
AP Photo/Alastair Grant
Antonio Conte
Antonio Conte

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Pelatih Chelsea Antonio Conte mengambil tanggung jawab atas kegagalan timnya menekuk AS Roma di kandang sendiri, Samford Bridge, Kamis (19/10) dini hari WIB. Pada laga ketiga babak penyisihan Liga Champions 2017/2018 itu, Chelsea ditahan imbang tim tamu dengan skor 3-3.

Menurut Conte, penyebab hasil seri pada laga tersebut karena ia salah dalam menerapkan sistem permainan. Pelatih asal Italia ini mengatakan, formasi andalan 3-5-2 terpaksa ia ubah ke 4-3-2-1 di tengah laga.

"Perubahan sistem tidak menghasilkan sesuatu. Memang tak ada garansi jika melakukan perubahan akan mendapatkan hasil, tapi tadi kami benar-benar tidak berhasil," kata Conte kepada Mediaset Premium, dikutip Kamis.

Eks pelatih timnas Italia ini mengatakan, perubahan sistem pada laga tadi membuat bek David Luiz maju satu lini untuk menjadi gelandang. Hal ini sebelumnya sudah Conte pertimbangkan karena Luiz mampu mencetak gol ketika masih bermain sebagai bek dalam formasi 3-5-2.

Gol Luiz tergolong istimewa karena dilakukan lewat tendangan keras jarak jauh dari luar kotak penalti. Namun, setelah posisinya diubah, ternyata Luiz tak bisa bermain baik. Conte pun merasa menyesal sudah memberikan Luiz kesempatan menjadi gelandang tengah.

"Kami tidak bisa mengendalikan pertandingan. Saya mengubah posisi Luiz dan ternyata ia tak berhasil di sana. Hasil laga ini tak memuaskan, tapi sayalah yang bertanggung jawab," kata Conte.

Pada laga tersebut, Chelsea sempat unggul 2-1 pada babak pertama melalui gol Luiz dan Eden Hazard yang dibalas sekali oleh Alekasander Kolarov. Pada babak kedua, Roma sempat balik unggul 3-2 lewat sumbangan dua gol striker Edin Dzeko.

Chelsea masih bisa menyamakan kedudukan jelang 15 menit laga berakhir, kembali lewat gol Hazard. Atas hasil ini, Chelsea masih memimpin puncak klasemen Grup C dengan tujuh angka dari tiga laga. Sedangkan, Roma duduk di peringkat kedua dengan lima angka.