Kamis , 09 November 2017, 09:55 WIB

Eks Bintang Persib Antar Timnya Juara Liga Thailand 2017

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
mzstatic
Buriram United
Buriram United

REPUBLIKA.CO.ID, BURIRAM--Mantan pemain Persib Bandung, Suchao Nuchnum mengantarkan timnya, Buriram United meraih gelar juara Liga Thailand 2017. Suchao yang menjadi kapten Buriram sejak 2011 silam ini memimpin timnya mengunci gelar setelah  meraih kemenangan 4-0 atas BEC Tero Sasana, Rabu (8/11) WIB.

Suchao turut menyumbang gol dalam pesta kemenangan timnya. Sosok yang pernah singgah di Persib pada Liga Super Indonesia musim 2009 ini membuat gol penutup.

Tiga angka yang diraih Suchao Cs di markas sendiri, Stadion New I-Mobile ini membuat timnya kokoh di puncak klasemen dengan 80 poin dari 32 laga. Koleksi angka tersebut sudah cukup untuk memastikan gelar juara Liga Thailand 2017 Hal itu karena peringkat kedua, Muang Thong United yang pada saat bersamaan menelan kekalahan dari Ubon UMT cuma punya 66 angka dari 31 pertandingan.

Padahal, andai Muang Thong menang dan Buriram kalah, maka kesebelasan yang diperkuat striker timnas Thailand, Teerasil Dangda itu masih berpeluang jadi juara. Namun, meski kini masih punya sisa tiga pertandingan dan Buriram cuma cuma dua, Teerasil dan kawan-kawan sudah tak mungkin bisa menyalip Suchao Cs.

Suchao memperkuat Buriram setelah pulang merantau dari Persib 2010 silam. Di Buriram, ia menjadi sosok pahlawan karena memimpin dimulainya era kejayaan dari klub berjuluk The Thunder Castles tersebut. Dikapteni oleh Suchao, Buriram meraih lima gelar juara liga dalam tujuh tahun terakhir. Sebelumnya, Buriram cuma punya satu koleksi gelar juara liga yang diraih tahun 2008.

Di Persib, meski cuma enam bulan memperkuat Maung Bandung, Suchao meninggalkan kesan mendalam bagi para bobotoh. Saat itu, Suchao berperan sebagai jenderal lapangan tengah Persib. Sayang, kiprahnya hanya sebentar dan sejak saat itu Suchao tak pernah kembali lagi ke Persib.