Ahad , 12 November 2017, 12:20 WIB

Mission (Im)possible Yunani Atas Kroasia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Elba Damhuri
ap
Pendukung timnas Yunani
Pendukung timnas Yunani

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA – Tim nasional Yunani tak mau menyerah dalam memperjuangkan peluang mereka tampil di Piala Dunia 2018 meski menelan kekalahan telak pada leg pertama play-off melawan Kroasia. Pelatih Yunani Michael Skibbe memastikan pasukannya akan berjuang habis-habisan pada pertandingan leg kedua, Senin (13/11) dini hari WIB, demi membalikkan keadaan pascakekalahan 1-4 atas Kroasia.

Skibbe mengakui perjalanan timnya memang menjadi sangat berat pada leg kedua akibat kekalahan besar di kandang Kroasia. Pelatih asal Jerman ini menilai, ketika dibantai Kroasia, timnya terlalu mudah memberikan gol kepada lawan.

Namun, ia memastikan semangat pasukan Pirate Ship untuk terbang ke Rusia belum padam. Skibbe menilai menang dengan skor telak tidaklah mustahil karena Kroasia pun sudah membuktikan mampu melakukannya.

"Kami tahu akan sulit. Tapi kami optimistis. Kroasia bisa, mengapa kami tidak?. Kami akan bermain lepas dan melakukan yang terbaik," kata Skibbe dikutip dari //ESPN//, Sabtu (11/11).

Senada dengan sang pelatih, kapten pasukan Athena, Sokratis Papastathopoulos, yakin ia dan rekan-rekannya bisa membalikkan keadaan. Sokratis mengatakan, sejak awal ia percaya Yunani akan lolos ketika mengetahui negaranya akan bermain di kandang pada //leg// kedua.

Bek milik Borussia Dortmund ini mengatakan, bermain di kandang pada leg kedua selalu menguntungkan. Sokratis pun berharap Stadio Georgios Karaiskaki yang nanti akan menggelar laga bisa dipenuhi oleh masyarakat Yunani.

Pemain berusia 29 tahun ini menegaskan, peluang untuk lolos ke Rusia masih tersisa. Sokratis yakin dengan dukungan publik sendiri kemenangan besar bisa didapatkan. Menurut Sokratis, Yunani harus melupakan skor tertinggal 1-4 saat berlaga.

Eks pemain AC Milan ini mengajak rekan-rekannya agar tetap menanggap pertandingan dimulai dengan skor 0-0 agar tidak terbebani oleh kewajiban mencetak tiga gol tanpa balas.

"Ya benar Kroasia lebih baik dari kami saat menang 4-1. Tapi kami tahu siapa kami. Yunani akan lolos, kami akan menghindari membuat banyak kesalahan sendiri seperti sebelumnya," kata Sokratis.

Di kubu lawan, pelatih Krosia Zlatko Dalic yakin timnya bisa meredam keinginan Yunani untuk bangkit. Dalic mengatakan, pasukannya akan berusaha tampil tenang agar tidak memberikan Yunami harapan saat bertanding.

Itu artinya, kata Dalic, Kroasia tak boleh membiarkan Yunani mencetak gol lebih dulu. Pelatih 51 tahun ini menegaskan, cara sama akan dilakukan Kroasia seperti pada leg pertama. Menurut Dalic, strategi tersebut sudah terbukti bisa membuat Yunani kelabakan.

"Gagasannya tetap sama. Kami akan mengoyak pertahanan mereka dari sayap. Saya harap ini akan tetap berhasil, dan tentu saja, kami akan mengeblok serangan mereka sebelum sampai ke belakang," kata Dalic.

Kapten Kroasia Luca Modric tak mau disambut buruk ketika pulang dari Yunani usai menjalani pertandingan //leg// kedua. Pemain milik Real Madrid ini menegaskan, ia dan rekan-rekannya harus pulang dengan sambutan hangat di bandara usai pulang dari Yunani.

Untuk itulah Modric berharap tiket Piala Dunia 2018 bisa dibawa pulang. Menurut Modric, apa pun skornya nanti, ia tak mau kemenangan 4-1 pada leg pertama berakhir percuma.

"Berapa pun skornya, asal agregat tetap jadi milik kami, itu sudah cukup. Saya tak bisa membayangkan apa jadinya jika kami luput meraih tiket Piala Dunia tapi kemudian harus pulang untuk menghadapi bandara yang diselimuti rasa sedih," kata Modric.

Prediksi susunan pemain Yunani:
Pelatih: Michael Skibbe

Formasi: 3-5-1-1
Kiper : Karnezis

Bek : Papadopoulos, Papastathopoulos, Tzavellas
Gelandang : Maniatis, Zeca, Tziolis, Samaris, Stafylidis

Striker lubang : Fortounis
Striker : Mitroglou

Prediksi susunan pemain Kroasia :
Pelatih: Zlatko Dalic

Formasi: 4-2-3-1
Kiper : Subasic

Bek tengah : Vida dan Lovren
Bek kiri : Strinic

Bek kanan : Vrsaljko
Gelandang bertahan : Brozovic dan Rakitic

Gelandang serang : Perisic, Modric, Kramaric
Striker : Kalinic

Rekor pertemuan:
10/11/17 Kroasia 4 - 1 Yunani

08/10/11 Yunani 2 - 0 Kroasia
08/09/10 Kroasia 0 - 0 Yunani

25/04/01 Kroasia 2 - 2 Yunani
10/03/99 Yunani 3 - 2 Kroasia

(Tulisan diolah oleh Citra Listya Rini).