Rabu , 06 December 2017, 05:15 WIB
Liga Champions

MU Juara Grup A Liga Champions Usai Bekuk CSKA Moskow

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih
AP Photo/Dave Thompson
Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang CSKA Moskow dalam pertandingan terakhir Grup A Liga Champions di Stadion Old Trafford, Rabu (6/12) dini hari WIB.
Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang CSKA Moskow dalam pertandingan terakhir Grup A Liga Champions di Stadion Old Trafford, Rabu (6/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United berhasil memastikan langkah ke babak 16 besar Liga Champions dengan sempurna. Iblis Merah menaklukka CSKA Moskow 2-1 di Old Trafford untuk lolos sebagai juara Grup A, Rabu (6/12) dini hari WIB.

MU mengantongi nilai 15, unggul tiga angka dari Basel yang menempati posisi kedua setelah menang 2-0 dari Benfica. Sementara CSKA yang punya nilai sembilan berada di posisi ketiga dan harus puas hanya berlaga di Liga Europa.

Kedua tim pada menit-menit pertama melakukan gaya permainan yang terbuka. Kedua tim pun saling menyerang menembus jantung pertahanan lawan, dari berbagai lini. Iblis Merah pada awal laga tampak dominan membombardir pertahanan CSKA.

 
Namun sayangnya lini depan yang diisi Rashford dan Lukaku belum berhasil masuk ke dalam area kotak penalti yang dijaga kiper Akinfeev. Pada menit ke-23, United hampir membobol gawang Moscow setelah Luke Shaw berlari masuk ke kotak penalti lawan.
 
Kemudian dari sudut yang sulit Shaw memberikan umpan silang ke tengah namun gagal dieksekusi Rashford karena terlambat menyambut bola. Padahal saat itu kiper CSKA sudah kehilangan keseimbangan.
 
Sebalinya, tim asuhan Goncharenko juga terus melancarkan serangan balik. Beberapa kali para pemainnya memainkan serangan dengan umpang lambung dari pinggir ke tengah. Sayangnya umpan-umpan tersebut sulit dijangkau pemain.
 
Pada menit ke-32, pemain lini depan Moscow, Vitinho, kerap membantu memberikan umpan ke depan dan disambut sepakan Vasili Berezutski tapi belum memecahkan skor kacamata. Hingga akhirnya, di menit terakhir sebelum babak pertama selesai, Moscow berhasil mencetak gol perdana laga.
 
Vitinho, pemain depan CSKA asal Brasil, membobol gawang United yang dijaga Sergio Romero. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan CSKA Moscow.
 
Usai turun minum, United terlihat lebih mendominasi pertandingan ketimbang babak pertama. Rashford dan kawan-kawan terus menggempur lini belakang Moscow. Usaha The Red tidak sia-sia karena pada menit ke-65 mereka berhasil menyamakan kedudukan berkat gol ciptaan Romelu Lukaku.
 
Gol berawal dari serangan yang datang dari tengah lapangan. Kemudian, Paul Pogba mengirim umpan lambung ke area pertahanan tim lawan. Sebelum bola jatuh ke bumi, Lukaku langsung menyambarnya dengan sepakan kirinya.
 
Hanya berselang satu menit, United berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 berkat sepakan Rashford. Seusai menerima umpan lambung dari Juan Mata dan bola memantul ke tanah, pemain bernomor punggung 19 yang posisinya berada di lini belakang Moscow itu langsung melesatkan tembakan ke sudut kanan gawang hingga membuahkan gol kedua untuk The Red Devils.
 
Detik-detik terakhir, Khetag Khosonov dari Moscow berupaya memberikan tekanan di lini belakang United. Berkat assist dari Timur Zhamaletdinov, ia melesatkan tembakan dari sisi kiri gawang tapi arah boleh melebar ke kanan gawang, sehingga Moscow gagal menciptakan gol di babak kedua. Hingga pertandingan berakhir, skor masih bertahan 2-1 untuk keunggulan United.