Kamis , 07 Desember 2017, 06:28 WIB

Klopp Bangga Liverpool Taklukkan Spartak 7-0

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/PETER POWELL
Juergen Klopp
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp sangat gembira timnya bisa memetik kemenangan 7-0 atas Spartak Moskow dalam laga terakhir Grup E Liga Champions di Anfield, Kamis (7/12) dini hari WIB. Klopp mengungkapkan kebanggaannya terhadap skuat pemain-pemainnya.

"Skor 7-0 hasil yang luar biasa. Kami duduk di bangku cadangan saling berbicara satu sama lain betapa luar biasanya mengalahkan tim kuat seperti Spartak dengan tujuh gol. Ini performa yang sensasional. Semua pemain saya brilian," kata Klopp, seperti dilansir dari situs resmi UEFA, Kamis (7/12).

(Baca: Hasil Lengkap Pertandingan Terakhir Grup Liga Champions)

Dengan kemenangan ini Liverpool melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. Philippe Coutinho mencetak hattrick dalam pertandingan ini. Sejak menit keempat ia sudah mencetak gol ketika Georgly Dzhikiya dilanggar di kotak terlarang. Countinho yang ditunjuk sebagai eksekutor pun menjalankan tugasnya dengan baik.

Selain Coutinho, tiga pemain lainnya mencatatkan nama mereka di papan skor. Firmino dan Mohammed Salah masing-masing menyumbangkan satu gol. Sementara Sadio Mane dua gol. Klopp mengatakan meski timnya mencetak banyak gol dalam laga tapi ia mengakui ini bukan pertandingan yang mudah.

"Tidak mudah malam ini. Bahkan ketika 5-0 pun mereka masih punya peluang yang bagus. Kami harus bermain hebat  untuk mengalahkan mereka," ujar Klopp.

Klopp mengatakan kemenangan ini semata-mata karena permainan timnya luar biasa pada laga ini bukan karena Spartak Moskow tim yang buruk.  (Baca: Ini Tim-Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions)

"Hasil ini hanya berelasi dengan bagusnya performa kami, seperti kasusnya dengan Maribor, yang mendapatkan hasil imbang dengan Sevilla malam ini. Kemenangan ini berdasarkan kualitas kami dan saya sangat senang akan itu," tambah Klopp.

Klopp menegaskan, ia tahu babak enam belas besar nanti akan sulit untuk dilalui. Tapi, pelatih asal Jerman ini tidak gentar menghadapi tim mana pun pada fase gugur nanti.

"Seperti yang Antonio Conte katakan kemarin, tidak ada lawan mudah di 16 besar di Liga Champions. Dia sangat benar. Sangat menyenangkan melihat siapa saja yang akan bermain di sana, tapi kami tidak takut pada siapa pun," katanya.