Kamis , 07 December 2017, 07:38 WIB

Pecahkan Rekor, 5 Klub Inggris ke 16 Besar Liga Champions

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/PETER POWELL
Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) mencetak gol keenam Liverpool ketika mengalahkan Spartak Moskow 7-0 pada Grup E Champions League UEFA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (7/12) dini hari WIB.
Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) mencetak gol keenam Liverpool ketika mengalahkan Spartak Moskow 7-0 pada Grup E Champions League UEFA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (7/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lima klub Liga Primer Inggris melanjutkan gebrakan mereka di ajang Liga Champions musim ini dengan mampu lolos ke fase 16 besar. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Liga Champions, lima klub dari satu negara akan berkiprah di babak gugur.

Melalui para dutanya, Manchester United (MU), Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur, Inggris sukses mendominasi kompetisi paling prestisius di benua Eropa itu. Kesuksesan ini melampaui sepak terjang klub-klub La Liga Spanyol yang pada musim 2015/2016 juga mampu mengirimkan lima perwakilan ke fase putaran final.

Namun dari kelima duta tersebut yakni, Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Sevilla, dan Valencia, cuma tiga yang bisa lolos dari babak penyisihan. Saat itu, petualangan Sevilla dan Valencia harus selesai lebih cepat karena cuma mampu menempati posisi ketiga di grup masing-masing.

Musim ini, perjalanan lima klub Inggris di babak penyisihan lebih terlihat mulus. Empat di antaranya keluar sebagai juara grup. Bahkan, Spurs mampu jadi juara di grup yang dihuni oleh juara bertahan dalam dua musim terakhir, Madrid.

Lebih hebatnya, Spurs mengoleksi jumlah angka paling besar di seluruh grup penyisihan. Hanya Chelsea yang harus puas lolos dengan menempati peringkat kedua di grupnya.

Berikut kiprah lima tim Liga Primer Inggris di ajang Liga Champions musim ini :

1. MU, peringkat pertama Grup A dengan 15 angka. Lima menang, nol seri, satu kalah.

Para pemain Manchester United. (EPA-EFE/NEIL HALL)

 

2. City, peringkat pertama Grup F dengan 15 angka. Lima menang, nol seri, satu kalah.

Pemain Manchester City Brahim Diaz (tengah) berebut bola dengan Pemain Shakhtar Bohdan Butko (kanan) saat pertandingan grup Liga Champions UEFA di Kharkiv, Ukraina, Kamis (7/12) dini hari WIB. (EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO)

 

3. Liverpool, peringkat pertama Grup E dengan 12 angka. Tiga menang, tiga seri, nol kalah.

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kanan) berebut bola dengan pemain Spartak Moskow Salvatore Bocchetti (kiri) pada Grup E Liga Champions UEFA 2017/2018 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (7/12) dini hari WIB. (EPA-EFE/PETER POWELL)

 

4. Spurs, peringkat pertama Grup H dengan 16 angka. Lima menang, satu seri, nol kalah

Fernando Llorente menggantikan Harry Kane sebagai ujung tombak Tottenham Hotspurs ketika mengalahkan APOEL 3-0 di Stadion Wembley, Kamis (7/12) dini hari WIB. Llorente Llorente mencetak gol pada menit ke-20. (EPA-EFE/ANDY RAIN)

 

5. Chelsea, peringkat kedua Grup C dengan 11 angka. Tiga menang, dua seri, satu kalah.

Dua pemain Chelsea, Gary Cahill (kiri) dan N'Golo Kante (kanan) mengadang penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann (tengah) pada pertandingan Grup C Liga Champions UEFA 2017/2018 di Stadion Stamford Bridge, London, Britain, Inggris, Rabu (6/12) dini hari WIB. EPA-EFE/ANDY RAIN