Kamis , 07 December 2017, 13:25 WIB

Gattuso: Secara Psikologis, Milan Butuh Kemenangan

Red: Ratna Puspita
PA-EFE/MARIO TADDEO
Gennaro Gattuso
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso mengatakan secara psikologis, anak-anak asuhannya membutuhkan kemenangan atas Rijeka pada pertandingan terakhir fase grup Liga Europa. Rossoneri akan melawat ke markas Rijeka di Stadion HNK Rijeka, Jumat (8/12) dini hari WIB. 

Milan memiliki catatan mengesankan di Liga Europa musim ini. Diabolo Rosso belum terkalahkan di sembilan pertandingan Liga Europa musim ini, dengan hasil tujuh kali menang dan hanya dua kali seri. Termasuk mengalahkan Rijeka 3-2 di Stadion San Siro pada September lalu. 

Bahkan, Rossoneri sudah memastikan posisi puncak Grup D Liga Europa 2017/2018. Namun, Gattuso sedang mencari kemenangan pertamanya setelah secara dramatis bermain imbang 2-2 di markas tim debutan Liga Italia Serie A, Benevento.

"Ini adalah pertandingan penting bagi kami, bahkan jika itu tidak berarti apa-apa dari segi klasemen, namun secara psikologis kami sangat membutuhkan sebuah kemenangan," kata Gattuso dalam konferensi persnya, dilansir dari Football Italia, Kamis (8/12). 

Menurut Gattuso, dia ingin melihat para pemain membuktikan rasa lapar mereka dalam menunjukkan performa terbaik dan meraih kemenangan. Hal tersebut, dia menyatakan, akan memunculkan kompetisi dalam skuat sehingga menyulitkannya memilih starter. 

“Saat bermain di Eropa dengan jersey Milan, pemain harus selalu memiliki rasa hormat dan pertarungan sampai akhir,” kata dia. 

Gattuso berharap para pemainnya berhasil mengubah tekanan menjadi sesuatu yang positif sekaligus menunjukkan komitmen terhadap klub. “Saya menginginkan sebuah tim yang menyadari kekuatannya, bahkan ketika kami masih harus banyak memperbaiki diri,” kata dia. 

Dia menuturkan Milan tidak bisa meremehkan Rijeka yang tampil di depan publik sendiri. Dia pun pengalamannya ketika kalah 0-4 dari Borussia Dortmund pada Piala UEFA, 15 tahun silam. 

“Rijeka menciptakan suasana seperti didukung 20 ribu pendukung ketika hanya ada empat ribu penggemar di San Siro. Jadi, saya memprediksikan gemuruh serupa di leg kedua,” kata dia. 

Selain itu, Gattuso menyatakan, Rijeka juga tdiak bisa diremehkan dari sisi permainan. “Mereka juga tim yang sangat terorganisir yang tidak sekadar menendang bola di lapangan,” kata dia. 

Gattuso memastikan Manuel Locatelli dan Lucas Biglia akan menjadi starter di lini tengah. "Saya bisa saja membawa beberapa anak dari tim muda Primavera, tapi sepertinya saat yang tepat untuk meremehkan tugas apa pun,” kata dia.