Kamis , 07 December 2017, 14:18 WIB
Liga Champions

Ini Tim yang Berpotensi Jadi Lawan Klub Spanyol di 16 Besar

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Arsenal.com
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tiga wakil Spanyol sukses melaju ke fase 16 besar Liga Champions UEFA musim 2017/2018. Barcelona, Real Madrid, dan Sevilla berlaga di fase gugur, minus Atletico Madrid yang terkapar dan harus rela berlaga di Liga Europa.

Barcelona melaju sebagai juara Grup D, sedangkan Madrid di Grup H dan Sevilla di Grup E sama-sama lolos sebagai runner-up. Ada sejumlah tim yang berpotensi akan dihadapi tiga tim tersebut pada fase gugur nanti. Berikut kemungkinan lawan wakil-wakil Spanyol pada babak 16 besar, seperti dikutip dari AS, Kamis (7/12).

1. Barcelona

Sebagai pemuncak klasemen Grup D, Barca menempati pot pertama bersama para juara grup lainnya. Ada empat tim yang akan menjadi lawan Barca. Keempat tim itu lolos ke fase gugur sebagai penghuni peringkat kedua.

Sesuai aturan UEFA, Barca tidak akan berjumpa dengan tim senegara meskipun berbeda pot. Dengan demikian, Madrid dan Sevilla di pot kedua yang lolos sebagai runner-up tidak akan jumpa Barca. Selain kedua klub tersebut, Barca juga tidak akan bertemu runner-up Grup D, Juventus.

Potensi lawan: FC Basel, Bayern Muenchen, Chelsea, Shakhtar Donetsk, dan Porto.

2. Madrid

Madrid yang menempati pot kedua punya enam calon lawan yang merupakan juara-juara grup. Dipastikan, dari enam tim tersebut tak ada Barcelona dan Tottenham Hotspur. Madrid dan Tottenham sebelumnya tergabung di Grup H saat penyisihan, dan Barcelona merupakan sesama wakil Spanyol.

Potensi lawan: Manchester United, Paris Sait-Germain, Roma, Liverpool, Manchester City, dan Besiktas.

 

3. Sevilla

Serupa dengan Madrid, Sevilla sebagai penghuni pot kedua tidak akan menghadapi Barcelona dan Liverpool. Sebab Sevilla sudah menghuni Grup E bersama Liverpool saat penyisihan.

Potensi lawan : Manchester United, Paris Sait-Germain, AS Roma, Manchester City, Besiktas, dan Tottenham.

Undian akan dilakukan di markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (11/12) waktu setempat. Setelah undian keluar, pertandingan 16 besar leg pertama akan digelar mulai 14 Februari sampai 22 Februari 2018. Lalu leg kedua digelar tanggal 7 Maret-15 Maret 2018.