Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Real Madrid Benamkan PSG di Bernabeu

Kamis 15 February 2018 05:20 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: AP Photo/Paul White
Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ke gawang PSG.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid menunjukkan performa loyo di kompetisi domestik tak berimbas di Liga Champions. Los Blancos menunjukkan keperkasaan dengan menaklukkan Paris Saint-Germain 3-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/2) dini hari WIB.

Dua gol Los Blancos disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo, sementara sisanya dicetak oleh pemain asal Brasil, Marcelo. Ketiga gol Madrid ini dicetak setelah sebelumnya gawang Keylor Navas dijebol Adrien Rabiot.

Kemenangan juara Liga Champions musim lalu ini tidak mudah. Pasalnya, pada babak pertama, PSG berhasil menahan imbang tim tuan rumah. Bahkan, PSG berhasil mencetak gol terlebih dahulu, tepatnya pada menit ke-33 lewat torehan Adrien Rabiot. Gelandang asal Prancis itu sukses melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, usai memanfaatkan umpan tumit Neymar.

Ini menjadi gol pertama Rabiot dalam tujuh laga terakhirnya bersama PSG di kancah Liga Champions. Namun, Real Madrid tidak tinggal diam. Setelah terus menekan pertahanan PSG, tim besutan Zinedine Zidane itu akhirnya mampu menyamakan kedudukan, tepatnya satu menit sebelum babak pertama usai lewat sepakan penalti dari Ronaldo. Hadiah tendangan penalti ini didapat Real Madrid usai Toni Kroos dijatuhkan oleh gelandang PSG Giovani Lo Celso. 

Memasuki babak kedua, Real Madrid berusaha untuk terus menguasai jalannya laga. Namun, hingga pertengahan babak kedua, para penggawa Real Madrid tidak mampu mencetak gol tambahan. Justru PSG yang terus menebar ancaman.

Akhirnya, pada 15 menit terakhir laga, Zidane memutuskan untuk melakukan pergantian pemain. Strategi ini pun berbuah maksimal. Pada menit ke-79, Zidane memasukan Marco Asensio untuk menggantikan Isco. Pergantian ini ternyata efektif.

Bermain sebagai sayap kiri, pemain berusia 22 tahun itu mampu terus merepotkan pertahanan PSG. Pada menit ke-83, Asensio berhasil mengirimkan umpan ke jantung pertahanan PSG. Bola hasil tendangan Asensio itu sebenarnya bisa ditepis kiper PSG Alphonse Areola, tapi bola tersebut mengenai lutut Ronaldo. Bola pun mengarah dan masuk ke dalam gawang.

Tidak berhenti sampai di situ. Tiga menit setelah gol Ronaldo, Asensio kembali menjadi sosok yang mengawali gol ketiga Real Madrid. Lewat umpan dari Asensio, Marcelo berhasil merobek gawang PSG pada menit ke-86. Gol ini pun menjadi terakhir di laga yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu tersebut.

Kemenangan ini pun membuat Real Madrid kian optimistis menatap laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, saat bertandang ke markas PSG Parc des Princes pada Rabu (7/3). Dengan mengantongi keunggulan dua gol. Madrid tetap melaju asalkan kalah dengan selisih satu gol. Andai kalah dengan selisih dua gol, Madrid bisa tetap lolos ke perempat final asalkan skornya lebih besar dari 3-1 (4-2, 5-3, dan seterusnya).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES