Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Potensi Salah Geser CR7-Messi di Perebutan Ballon d'Or (2)

Rabu 25 April 2018 12:28 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto

Mohamed Salah membawa matchball usai pertandingan di Stadion Anfield Liverpool, Inggris.

Mohamed Salah membawa matchball usai pertandingan di Stadion Anfield Liverpool, Inggris.

Foto: Lee Smith/Reuters
Baik Messi maupun Ronaldo, masih konsisten menjaga performa dalam 11 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, Tentu saja, bukan perkara mudah bagi Mohamed Salah untuk bisa jadi orang Mesir pertama yang meraih penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d'Or). Selain masih ada Lionel Messi, monster bernama Cristiano Ronaldo kemungkinan besar masih akan jadi penghalang.

Baik Messi maupun Ronaldo, masih konsisten menjaga performa dalam 11 tahun terakhir. Duo ini sukses bertahan di daftar top pemain di planet bumi.

Messi memang sudah tak mungkin meraih gelar Liga Champions. Namun, pemain berusia 30 tahun itu tinggal beberapa langkah lagi membawa Barcelona mendominasi kompetisi lokal. Gelar juara Copa Del Rey sudah di tangan, tangga juara La Liga Spanyol pun sedang ditapaki. Tentu saja, ini belum termasuk kans menjuarai Piala Dunia bersama timnas Argentina.

Kemudian Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 ini berpeluang mengantarkan Real Madrid meraih trofi Liga Champions ketiga secara beruntun. Sama dengan Salah, Ronaldo tinggal menaklukkan babak semifinal dan final untuk bisa mewujudkan hal itu. Serupa pula dengan Messi, Ronaldo punya peluang di Piala Dunia nanti bersama Portugal.

Dengan demikian, Salah setidaknya bisa duduk sejajar dengan Messi dan Ronaldo di acara malam penganugerahan gelar pemain terbaik dunia nanti. Sejauh ini,  mantan pemain AS Roma ini berada dalam jalur yang tepat untuk bisa mewujudkannya.

Bomber yang tak sungkan menunjukkan diri sebagai Muslim taat ini punya ketajaman konsisten. Musim ini, Salah telah mengemas 43 gol dari 47 pertandingan di semua ajang. Jumlah tersebut unggul satu gol dari Ronaldo yang telah mencetak 42 gol dalam 39 pertandingan di seluruh kompetisi.

Selain itu, Salah juga unggul dari Messi. Pemain berusia 25 tahun itu mencetak tiga gol lebih banyak dibanding catatan Messi yang 40 kali menjebol gawang lawan dalam 50 laga di semua ajang.

Terlepas dari peluangnya meraih berbagai trofi individu. Salah tak mau jemawa. Bagi dia, ketenaran personal tak ada artinya jika tim yang diperkuat justru nelangsa. "Ambisi pribadi saya adalah membawa tim memenangkan sesuatu. Saya selalu memikirkan tim, saya sama sekali tidak memikirkan diri sendiri," ujar Salah dikutip dari Aljazeera.

 

Baca juga: Potensi Salah Geser CR7-Messi di Perebutan Ballon d'Or (1)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES