Kamis , 12 January 2017, 16:57 WIB

Indra Sjafri: Irfan Bachdim Pilihan yang Pas

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Andri Saubani
baliutd.com
Irfan Bachdim (kiri) berfoto bersama pelatih Bali United, Indra Sjafri.
Irfan Bachdim (kiri) berfoto bersama pelatih Bali United, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG – Pelatih Bali United, Indra Sjafri mengutarakan alasan mengapa akhirnya merekrut Ngurah Nanak dan Irfan Bachdim. Ia mengatakan, evaluasi yang dilakukan berkaitan dengan pemain memang membuat Bali United memutuskan untuk merekrut keduanya. “Ngurah Nanak dan Irfan Bachdim bisa saya katakan adalah pemain yang pas,” kata Indra dikutip laman resmi klub, Kamis (12/1).

Indra menerangkan, setelah dua tahun pihak manajemen klub  membangun rangka tim, sesuai rencana pada tahun ketiga adalah tahun prestasi. Untuk itu, kata Indra, sudah sewajibnya diperlukan evaluasi tim yang menghasilkan keputusan perlunya penambahan pemain yang bisa memenuhi target prestasi.

Anak Agung Ngurah Wahyu Trisnajaya adalah pemain yang lebih familiar dengan nama Ngurah Nanak. Pemain kelahiran 28 Juli 1988 tersebut merupakan rekan satu angkatan I Gede Sukadana di tingkat Sekolah Menengah Atas. Pemain jangkung ini memulai karier sepak bolanya dengan memperkuat Perseden Denpasar.

Pemain berposisi sebagai bek tengah ini sempat merantau dengan memperkuat beberapa klub kasta tertinggi Indonesia. Persitara Jakarta Utara menjadi klub pertamanya di kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Mampu tampil memukau membuat klub ibu kota Persija Jakarta merekrut Nanak. Sriwijaya FC Palembang menjadi klub terkahir yang pernah ia bela sebelum akhirnya memutuskan "pulang kampung" membela Bali United. Ngurah Nanak juga sempat dipanggil ikut seleksi timnas U-23 jelang perhelatan SEA Games 2011.

Sedangkan, Irfan Haarys Bachdim adalah pemain keturunan Belanda yang mulai bersinar namanya saat membela timnas Indonesia di perhelatan turnamen Piala AFF 2010. Saat itu timnas Indonesia ia bawa hingga partai final.

Sebelumnya Irfan Bachdim pernah memperkuat Persema Malang di kompetisi IPL pada 2011 sebelum memperkuat klub Thailand, Chonburi FC pada 2013. Setelah mencoba peruntungan di Negeri Gajah Putih, Irfan melanjutkan karirnya di Jepang dengan membela Ventforet Kofu.

Terkahir, Irfan Bachdim bermain untuk klub Consadole Sapporo di Divisi Dua J. League. Dengan resmi bergabungnya Ngurah Nanak dan Irfan Bachdim, maka jumlah pemain Bali United sekarang adalah 27 pemain.