Jumat , 21 April 2017, 19:14 WIB

Operator Liga 1: Pemain Asing Baru Miliki IMTA, Kitas Menyusul

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
persib.co.id
Direktur Pemasaran dan Kompetisi, Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Widjaya.
Direktur Pemasaran dan Kompetisi, Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Widjaya.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA – Pekan kedua Liga 1, mempertandingkan antara Persela Lamongan melawan Madura United. Kedua kesebelasan ini, akan bertanding di stadion Surajaya, Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (21/4) petang. Kedua kesebelasan, dalam pertandingan kali ini tetap memasang para pemain asingnya masing-masing yang diduga masih tak ber-Kitas dan IMTA.

Dari daftar skuat utama kepelatihan Heri Kiswanto, kesebelasan tuan rumah, tercatat menyimpan tiga pemain asing yang diduga belum ber-Kitas dan IMTA. Mereka yaitu, pemain bintang Jose Manuel Barbosa Alves dan Marcio Nascimento Rozario, serta Kosuke Yamazaki. Sedangkan kepelatihan Gomes de Oliviera, juga tercatat menurunkan dua pemain asing tanpa Kitas dan IMTA. Yaitu, Peter Osuze Odemwingie dan Redouane Zerzouri.

Dari lima pemain asing dalam kedua tim kepelatihan tersebut, masuk dalam daftar 25 pemain yang dinilai Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), sebagi pemain ilegal lantaran belum punya Kitas dan IMTA.

Baca juga, Ini Daftar Pemain Asing yang Belum Miliki Kitas.

Akan tetapi, Direktur Pemasaran dan Kompetisi, Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Widjaya kepada wartawan, Jumat (21/4), menyampaikan berbeda. Kata dia, khusus pertandingan hari ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama LIB dan BOPI, suda mengurus kelengkapan syarat tampil para pemain tersebut.

Menurut dia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), sudah menerbitkan IMTA bagi Persela Lamongan dan Madura United sebagai penjamin tenaga kerja asing yang direkrut sebagai pemain. "Khusus pertandingan hari ini, IMTA sudah keluar semua. Memang Kitasnya, akan menyusul. Tapi diperbolehkan," ujar dia.

Sementara itu, ujar dia, sisa pemain asing yang belum mempunyai Kitas dan IMTA, untuk pertandingan Liga 1, selanjutnya akan diupayakan rampung berjalan. Kata dia, PSSI dan LIB, masih mengusahakan agar kesebelasan-kesebelasan yang akan melakoni laga lanjutan Liga 1, rentang Sabtu (22/4) sampai Selasa (25/4), akan segera mendapatkan prioritas penerbitan IMTA.