Jumat , 19 May 2017, 20:35 WIB

Djadjang Belum Pastikan Berapa Menit Van Dijk Bisa Dimainkan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Mahmud Muhyidin
Pemain Persib Bandung Serginho van Dijk dan Febri Hariyadi melakukan selebrasi gol pada sebuah laga Piala Presiden 2017. Besok bisa jadi debut Van Dijk di Liga 1 saat Persib menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.
Pemain Persib Bandung Serginho van Dijk dan Febri Hariyadi melakukan selebrasi gol pada sebuah laga Piala Presiden 2017. Besok bisa jadi debut Van Dijk di Liga 1 saat Persib menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman belum dapat memastikan akan berapa lama striker jangkung Sergio van Dijk diberi waktu debut pada laga Liga 1. Van Dijk punya peluang pertama kalinya tampil untuk Persib di Liga 1 musim ini pascacedera lutut sejak Maret lalu. "Saya belum tahu berapa lama Sergio di lapangan nanti. Saya belum yakin karena banyak yang harus diperhatikan," kata Djadjang di Graha Persib, Jumat (19/5).

Sebelumnya, Sergio memang sudah dinyatakan positif fit oleh tim medis Maung Bandung. Dalam sepekan terakhir pemain naturalisasi dari Belanda tersebut sudah latihan normal tanpa ada lagi keluhan. Tim dokter pun sudah memberikan rekomendasi kepada Djadjang untuk dimainkan sesuai kebutuhan tim.

Djadjang belum bisa menentukan menit bermain untuk Sergio tidak hanya tentang memikirkan trauma cedera bekas striker Adelaide United tersebut. Pelatih 59 tahun itu juga harus memperhitungkan regulasi dalam melakukan pergantian pemain.

Djadjang harus memperhatikan kuota untuk pemain U-23 yang harus mendapatkan tiga tempat di tim inti.  Saat ini pemain muda yang cukup banyak diberi kesempatan oleh Djadjang adalah Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, Gian Zola, dan Billy Paji Keraf.

Baca juga: Diego Michiels 'Provokasi' Bobotoh Jelang Persib Vs PBFC.

Jika satu di antara pemain muda tersebut absen, Djadjang sulit mencari pengganti karena pemain muda lainnya seperti Agung Mulyadi dan Ahmad Subagja Basith belum memuaskan. "Kami belum puas dengan kinerja pemain muda. Jadi harus hati-hati melakukan pergantian pemain," ujar Djadjang.

Untuk Sergio memang sudah sangat dibutuhkan lini depan Persib. Lini depan Maung Bandung tumpul dalam enam laga awal Liga 1. Satupun belum ada gol tercipta dari para striker. Enam gol yang sudah dilesakkan Maung Bandung semuanya dari aksi para gelandang. Besok, Persib akan menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.