Senin , 19 June 2017, 03:28 WIB

Bantai Cina Taipei 11-0, Timnas U-16 Juara di Vietnam

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Twitter/@PSSI_FAI
Skuat timnas Indonesia U-16 merayakan gelar juara pada turnamen Vietnam Invitation Tien Phong Plastic Cup 2017 di Da Nang, pada Ahad (18/6).
Skuat timnas Indonesia U-16 merayakan gelar juara pada turnamen Vietnam Invitation Tien Phong Plastic Cup 2017 di Da Nang, pada Ahad (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, DA NANG -- Timnas Indonesia U-16 pesta gol ke gawang Cina Taipei. Saat kedua kesebelasan malokani putaran ketiga turnamen Vietnam Invitation Tien Phong Plastic Cup 2017 di Da Nang, pada Ahad (18/6) malam, skuat asuhan pelatih Fakhri Husaini menang dengan skor tak tanggung-tanggung, 11-0.

Pada babak pertama, empat gol tanpa balas dibuat oleh para pemain Garuda Asia. Gol perdana dicetak oleh gelandang serang, Hamsah Lestaluhu pada menit ke-10. Penyerang Rendy Juliansyah mencetak gol tambahan, pada menit ke-26.

Juliansyah yang tak puas, kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dia kembali mencetak gol pada menit ke-37 dan ke-44. Skor 4-0, mengakhiri pertandingan babak pertama. Pada babak kedua, tim Garuda Asia, semakin bersemangat. Tujuh gol tambahan dibuat oleh para pemain junior Merah Putih tersebut.

Hamsah kembali membuat gol keduanya pada menit ke-55 dan membuat skor menjadi 5-0. Selanjutnya, kembali Juliansyah, mencetak tiga gol tambahan. Yaitu, pada menit ke-56 dan ke-57, terakhir pada menit ke-58. Skor 8-0 terjadi sampai pertandingan pada menit ke-69 babak kedua.

Pada menit ke-70, gelandang bertahan Amiruddin Bagas menambah sakit hati para pemain Cina Taipei. Golnya membuat skor semakin telak 9-0. Belum puas, pada menit ke-86, namanya kembali hadir di papan skor. Skor pertandingan menjadi 10-0 menjelang pertandingan usai.

Skuat pelatih Hirata Reiji, benar-benar dibantai, saat gelandang serang Brtlian Aldama, mencatatkan skor terakhir milik Indonesia. Golnya pada menit ke-87, membuat skor menjadi 11-0. Skor tersebut tetap, sampai pertandingan usai.

Hasil terbaik dari pemain muda Indonesia atas Cina Taipei kali ini menjadi kemenangan yang kedua dalam gelaran Vietnam Tien Phong Plastic Cup 2017. Melawan Myanmar, pada Kamis (14/6), Indonesia menang 4-1. Melawan tuan rumah Vietnam, pada Jumat (16/6), Indonesia bermain imbang 1-1.

Dua kali menang dan satu kali imbang membuat timnas Indonesia U-16 dipastikan menjadi juara karena berhasil menguasai klasemen dengan nilai tujuh. Dikutip dari laman resmi PSSI, tim asuhan pelatih Fakhri Husaini ini juga meraih gelar tim Fair Play. Gelar top skorer turnamen disabet oleh Rendy Juliansyah dan Hamsah Lestaluhu juga menjadi pemain terbaik turnamen.