Senin , 19 Juni 2017, 04:28 WIB

Bungkam Persib 1-0, Barito Naik ke Posisi 11 Liga 1

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Ist
Liga 1
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN- Barito Putera sukses memanfaatkan laga kandang pada pekan ke-11 untuk membungkus tiga angka penuh. Menjamu Persib Bandung di Stadion 17 Mei, Ahad (18/6) malam WIB, Laskar Antasari mengunci kemenangan tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Barito dicetak gelandang asal Argentina Mathieus Cordoba pada menit ke-65.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi Barito dari peringkat 15 ke posisi 11. Barito kini duduk mengoleksi 16 angka. Jumlah poin Barito sama dengan Persib yang tergeser ke peringkat 12.

Sejak kick off babak pertama, permainan kedua tim cukup lambat. Baik Barito maupun Persib sama-sama bermain hati-hati. Persib baru mendapatkan kans mencetal gol di menit ke sembilan. Umpan terobosa Gian Zola kepada Febri Hariyadi cukup bagus. Di kotak penalti Febri gagal lolos dari hadangan kiper Laskar Antasari Aditya Harlan.

Tuan rumah menjawab pada menit ke-14. Sebuah tendangan keras dilepaskan striker asal Brasil Thiago Cunha cukup mengagetkan barisan pertahanan Persib. Untungnya sepakan Thiago masih melenceng di sisi kiri gawang I Made Wirawan.

Pergantian pemain sudah harus dilakukan Persib di menit ke 14. Striker Sergio van Dijk harus mendapat bantuan medis karena terlihat mengeluh pada bagian lutut. Ia diganti dengan striker asal Inggris Carlton Cole. Pada menit ke-21, Thiago lagi-lagi membuat ancaman untuk Persib. Kali ini sundulan tajamnya nyaris saja menjebol gawang Made. Untungnya masih melenceng di sisi kanan gawang Persib.

Gian Zola juga sedang on fire tak mau ketinggalan membuat peluang buat Pangeran Biru. Kerja sama apiknya bersama Supardi di sisi kanan diakhiri dengan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Kiper Harlan cermat membaca arahnya bola sehingga gawang Barito masih aman dari kebobolan.

Sebelum babak pertama berakhir, Barito masih sempat menciptakan satu peluang lewat free kick Nazar Nurzaidin. Sepakan Nazar sangat baik melengkung indah dan mengarah ke gawang. Made juga tak mau kalah tangguh untuk menghalau bola. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Babak kedua, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman melakukan pergantian lagi. Pemain muda Ahmad Subagja Basith digantikan oleh pahlawan kemenangan saat lawan Persiba Raphael Maitimo. Kehadiran Maitimo cukup memberilan kreasi tambahan bagi lini tengah Maung Bandung.

Namun tuan rumah yang belum melakukan pergantian bermain lebih lepas. Pasukan pelatih Jacksen F Thiago kerap membuat serangan balik cepat dan rapi. Beruntung ancaman yang dibuat Gavin Kwan dan Douglas Packer masih belum bisa mengubah skor.

Gol yang ditunggu-tunggu suporter tuan rumah hadir juga ketika pertandingan memasuki menit ke 65. Mathieus Cordoba yang ikut maju membantu serangan dengan baik melepaskan sepakan keras terarah ke bagian kanan gawang Persib. Bola pun masuk karena upaya Made untuk menghalau tidak berhasil. 1-0 untuk keunggulan Barito.

Sejak berhasil memecah kebuntuan, permaina Barito semakin bagus. Mereka kerap menciptakan ancaman lewat skema serangan balik. Persib nyaris saja menyamakan kedudukan pada menit ke-85 lewat Vujovic. Vlado mendapat peluang emas menendang di mulut gawang yang sudah kosong. Namun upaya pemain asal Montenegro itu diblok oleh kiper Barito.

Sampai empat menit tambahan yang diberikan, tak ada lagi gol tercipta di pertandingan ini. Ini merupakan kemenangan perdana Barito dari Persib sejak 2013. Lima laga sebelumnya, Barito tak pernah menang dari Maung Bandung. Ini juga menjadi kemenangan kandang ke lima Barito di partai kandang mereka musim ini. Cukup untuk mengobati kekalahan yang mereka dapatkan di kandang Pusamania Borneo FC akhir pekan lalu.

Bagi Persib, kekalahan ini meneruskan catatan buruk setiap main tandang. Ini merupakan tiga kekalahan beruntun Persib di laga tandang. Dari enam kali main di kandang lawan, Persib baru menang sekali, dia kali imbang dan tiga kali kalah. Sebelum ini Persib kalah di kandang Bali United dan Bhayangkara FC.