Ahad , 13 Agustus 2017, 22:43 WIB

PSM Optimistis Bisa Kembali Pecundangi Persija

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Ist
Liga 1
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar punya modal kemenangan dari Persija Jakarta. Kedua kesebelasan akan kembali bertemu di laga pembuka pekan ke-20 Liga 1 2017, pada Selasa (15/8). Laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi nanti, menjadi perjumpaan yang kedua kalinya bagi kedua tim selama kompetisi sepak bola nasional musim ini.

PSM pada pekan ketiga, akhir April lalu, berhasil membikin Persija pulang tertunduk saat bertanding di Stadion Andi Mattalatta, Ujung Pandang. Skor ketika itu berakhir tipis 1-0. Modal kemenangan tersebut, membuat skuat Juku Eka percaya diri bisa kembali membuat Macan Kemayoran kandas kali ini.

"Kami (PSM) sangat yakin untuk bisa mengalahkan mereka (Persija)," ujar Presiden PSM Makassar, Munafri Arifuddin, Ahad (13/8). Munafri mengatakan, kemenangan menjadi desakan kepada timnya, agar mengembalikan reputasi si Ayam Jantan dari TImur itu, ke lingkaran teratas klasemen sementara.

Sikap percaya diri PSM boleh saja. Tetapi, para pemain asuhan pelatih Roberts Rene Alberts tersebut, harus mengakui laga di Patriot nanti, merupakan partai tandang. Stadion tersebut, bukan kandang resmi dari Persija. Tetapi, para Jakmania, pendukung kesebelasan ibu kota, bakal mendominasi kursi para suporter.

Pun, PSM terbilang jelek kalau laga tandang. Laga nanti, akan menjadi partai tandang yang ke-11 kalinya bagi skuat dari Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut. Dari rangkaian 10 partai tandang, PSM tak segarang kalau bermain di kandang. Menengok Liga 1, sampai pekan ke-19, PSM tercatat kalah empat kali dan imbang empat kali, kalau bermain tandang.

Dua catatan tandang lainnya, PSM memang berhasil menang. Yaitu, saat Perseru Serui berhasil takluk dari PSM dengan skor 1-2 pada pekan keempat. Laga tandang terakhir melawan Persela, di pekan ke-19, PSM juga kembali menang 0-1. Semakin berat bagi pelatih Alberts melawan Macan Kemayoran, melhat dua pemain utamanya, dipastikan absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Kedua pemain tersebut, yakni gelandang sayap kanan Rizky Pellu, dan pemain tengah Titus Bonai. Kedua pemain itu, terpaksa absen lantaran akumulasi kartu kuning, dari dua laga terakhir PSM, melawan Persela, dan saat menjamu Mitra Kukar di pekan ke-18. Kedua pemain tersebut, terhukum tak boleh membela kesebelasannya selama dua pertandingan.

Namun begitu, PSM masih punya sejumlah pemain yang bisa diandalkan membobol gawang Andritany Ardhiyasa. Mereka yaitu, Willem Jan Pluim dan Ferdinand Sinaga. Alberts, juga bisa menjadikan pemain barunya, sebagai tumpuan dalam mecetak gol, Zulham Zamrun yang bergabung dengan kesebelasan tersebut dari Mitra Kukar, usai paruh musim lalu.

Akan tetapi, PSM patut waspada dengan striker baru tuan rumah, Reinaldo Elias da Costa. Pemain serang dari Brasil tersebut, pemain PSM yang dilepas ke Persija, pada pekan ke-17. Reputasi Reinaldo bersama PSM, selama paruh musim kemarin, menjadi faktor penting bagi si Juku Eka, saat menguasai pucuk klasemen sepanjang 16 pekan Liga 1.

Reinaldo juga menjadi top skorer di PSM, sebagai penyumbang sembilan dari total 25 gol milik kesebelasan itu. Adanya Reinaldo bersama Persija, tentu akan menjadi kengerian sendiri bagi para pemain bertahan PSM, dan dan gawang yang dijaga Rivki Mokodompit.

Sementara Persija, menjamu lawan nanti, juga tercatat laga kandang yang ke-11. Sepuluh laga kandang Macan Kemayoran selama ini, boleh dibilang baik, dengan catatan lima kemenangan empat kali imbang, dan baru sekali kalah. Laga kandang terakhir Persija terjadi pada pekan ke-19 saat menjamu Persiba Balikpapan. Pertandingan ketika itu, berakhir dengan kemenangan tuan rumah 2-0.

Saat ini, Persija berada di peringkat keenam dengan 31 angka di papan klasemen. Menjaga reputasi di kandang dari PSM, akan membuat Persija punya potensi masuk ke empat teratas papan klasemen sementara. Posisi tersebut, terpaut tiga angka dari PSM yang kini punya nilai 34 angka di rangkaian sementara hasil tanding.