Ahad , 13 August 2017, 18:14 WIB

Pusamania Borneo FC Ungguli PS TNI

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Ist
Liga 1
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Pusamania Borneo (PB) FC berhasil memaksimalkan faktor kandang saat menjamu PS TNI pada laga pekan ke-19 Liga 1. Borneo FC menang 1-0 di Stadion Segiri, Samarinda, Ahad (13/8).

Ini menjadi kemenangan yang kedelapan dari sembilan kali laga kandang tuan rumah. Sementara bagi tim tamu, ini menjadi kekalahan kedua berturut-turut. 

Pelatih Borneo FC Ricky Nelson mengamdalkan triker Patrich Steve Wanggai untuk menjadi tumpuan serangan-serangan balik tuan rumah, yang dibantu gelandang tengah Lerby Eliandry.

Sedangkan pelatih PS TNI Ivan Kolev, tetap meminta para pemainnya tampil menyerang. Kolev menerapkan formasi 4-3-3, dengan mengandalkan Sansan Fauzi Husaeni dan Elio Bruno Martins, serta Erwin Ramdani sebagai trisula serangan.

Permainan keras diperagakan kedua tim pada babak pertama Wasit Tabrani, memberikan dua kartu kuning bagi Abdul Rahman dan Jefri Kurniawan untuk Borneo FC. Dua kartu kuning juga diacungkan kepada Elio Bruno dan Muhammad Slamat dari PS TNI. Namun tak ada gol pada paruh pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Kolev mencoba mengubah komposisi pemainnya. Gelandang Yus Arfandi ditarik kedua dan memainkan Roni Sugeng Aryanto. Tapi, perubahan pemain itu, tetap tak menghasilkan gol. Sampai pertandingan sudah satu jam, skor masih 0-0.

Pelatih Ricky, baru merotasi pemainnya pada menit ke-63. Dia memilih tetap bertahan, dengan menarik satu gelandangnya, Wahyu Setiawan Hamisi dan memainkan bek muda, Abdul Aziz Akbar. Tuan rumah, kini punya lima sampai enam pemain di lini belakang.

Kuatnya pertahanan Borneo, membuat Kolev kembali menarik satu pemain tengahnya. Pada menit ke-74, Erwin Ramdani, digantikan oleh striker muda Guntur Cahyo Putro. Tetapi, tetap saja, pergantian pemain tersebut, tak menghasilkan gol. Skor tetap 0-0 sampai menit ke-80.

Menjelang pertandingan usai, nasib baik ada di kubu tuan rumah. Persisnya pada menit ke-90, gol milik pemain pengganti, Sultan Samma berhasil menjebol gawang PS TNI yang dijaga Teguh Amiruddin. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Perolehan tiga angka Borneo FC dari PS TNI ini, membuat tim tersebut, terdongkrak tinggi di papan klasemen. Sebelum melakoni pekan ke-19, Borneo berada di rangking ke-15. Kemenangan kali ini, membuat Pesut Etam naik ke peringket kedelapan dengan nilai 27.

Sedangkan PS TNI, kekalahan ini membuat posisi tim tersebut, tetap berada di peringkat ke-14, dengan nilai 25 angka di papan klasemen. Pekan lalu, saat tandang melawan Persib Bandung, PS TNI juga kandas dengan skor 1-3.