Ahad , 13 Agustus 2017, 21:19 WIB

Menang Besar 5-2, Bali United Gusur Madura United di Puncak

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Ist
Liga 1
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Bali United mencetak kemenangan fantastis atas Madura United pada laga pekan ke-19 Liga 1, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Ahad (13/8). Serdadu Tritadu menaklukkan Madura United 5-2, sekaligus menggusur sang tamu dari puncak klasemen sementara.

Kedua tim sama-sama mengoleksi nilai 35, akan tetapi Bali United unggul dalam selisih gol yang membuat tim asuhan Widodo Cahyono Putro bertengger di posisi pertama. Hasil ini juga membalas kekalahan 0-2 di kandang Madura Unite dpada putaran pertama.

Laga berjalan menarik sejak awal. Tuan rumah sudah unggul cepat pada menit keempat lewat gelandang Nick Van Der Velden. Sepuluh menit berselang, striker Sylvano Comvalius mencetak gol lewat sundulan dari sepak pojok. Madura United makin merana ketika Comvalius untuk kali kedua menjebol gawang Hery Prasetyo lewat sepakan penalti pada menit ke-22.

Tertinggal tiga gol tak membuat pelatih Laskar Sape Kerrab Gomes De Oliviera mengganti dua pemain pada menit ke-28. ia menarik Greg Nwokolo dan Cameron Watson digantikan Fandi Eko Utomo dan Engelberd Sani. Madura United berhasil memperkecil skor lewat penalti Fabiano Beltrame setelah teradi pelanggaran kepada Fandi Eko oleh Abdul Rahman. Skor babak pertama, berakhir 3-1.

Madura United yang tidak diperkuat striker Peter Odemwingie akibat hukuman akumulasi kartu kuning mengandalkan Thiago Fuurtoso untuk mengejar ketertinggalan. Permainan terbuka diladeni oleh tuan rumah dengan permainan ofensif.

Pada menit ke-51, usaha striker Madura, Thiago Furtuoso lepas dari pengawalan lini bertahan tuan rumah. Akan tetapi, aksinya kembali gagal. Upaya memperkecil ketertinggalan, juga dilakukan oleh gelandang serang Bayu Gatra pada menit ke-53. Namun kiper I Kadek Wardahana, berhasil menggagalkan.

Pelatih Widodo menarik satu pemain bertahannya, Rahman Sulaiman pada menit ke-57. Posisinya digantikan oleh gelandang bertahan I Gede Sukadana. Pergantian tersebut, menjadi rotasi kedua yang dilakukan tuan rumah, setelah pada menit ke-32 bek Ahn Byung-keon ditarik keluar digantikan oleh Ngurah Nanak Wahyu.

Malang bagi Madura, Bali kembali menambah jumlah gol pada menit ke-61. Gol tersebut kembali terjadi lewat sepakan penalti. Bermula dari aksi Sukadana, yang melepas sepakan keras dari luar kotak 16, sepakannya mengarah ke gawang yang dijaga Hary Prasetyo. Wasit Evan Shaun Roberts melihat bola menyentuh lengan Fabiano.

Wasit Shaun, kembali menghukum Madura dengan penalti. Eksekusi kali ini, dilakukan oleh Comvalius. Sepakan kerasnya, menaklukkan kiper Prasetyo. Skor kembali menjauh 4-1. Tiga gol Comvalius dari laga kali ini, membuat namanya menjadi topskorer Liga 1. Sampai pekan ke-19 Liga 1, pemain dari Belanda itu, tercatat mengemas sebanyak 19 gol.

Alih-alih memperkecil kekalahan, Madura kembali kecolongan pada menit ke-65. Gawang Prasetyo, kembali dijebol oleh Sukadana. Sepakan kerasnya membuat skor makin sulit dkejar 5-1.

kor 5-1, tetap sampai menit ke-75. Pelatih Gomes, pada menit ke-77, pemain belakang Madura, Rizky Dwi Febrianto. Posisinya digantikan Guntur Ariyadi. Pergantian itu, direspons pelatih Widodo dengan memainkan gelandang serang barunya, Stefano Lilipaly. Pemain timnas Garuda Indonesia yang diboyong dari S.C. Cambuur Liga Belanda itu menggantikan pemain belakang I Made Pradana.

Memasuki menit ke-80, pertandingan mulai berjalan lamban. Tetapi Madura, tetap mencoba mengejar selisih gol. Pada menit ke-83, usaha tersebut berhasil lewat Bayu Gatra. Gol tersebut, lewat umpan baik dari Furtuoso. Skor menjadi 5-2. Skor tersebut, bertahan laga berakhir.