Selasa , 15 August 2017, 12:11 WIB

Sriwijaya FC Mencari Pelatih Kepala

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah
Antara
Sriwijaya FC
Sriwijaya FC

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pasca dipecatnya pelatih Sriwijaya FC Osvaldo Lessa, tim berjuluk Laskar Wong Kito kini ditangani asisten pelatih Hartono Ruslan sebagai pelatih sementara. Sejak ditangani Hartono Ruslan, Sriwijaya FC belum meraih hasil memuaskan. Sampai pekan ke-19 Alberto Goncalves dan kawan-kawan masih terpuruk di papan bawah klasemen sementara Liga1 Indonesia.

“Setelah melepas pelatih Osvaldo Lessa, rencana awal bisa saja Hartono Ruslan menjadi pelatih kepala. Tapi melihat kondisi tim saat ini manajemen sepakat secepatnya mencari pelatih kepala yang baru,” kata Sekretaris tim Sriwijaya FC Achmad Haris, Selasa (15/8).

Menurut Achmad Haris, persaingan kompetisi Liga1 Indonesia untuk meraih kasta tertinggi semakin ketat. “Untuk bisa bersaing di papan atas, tim harus secepatnya mencari pelatih kepala yang baru. Manajemen memutuskan akan mencari pelatih baru. Sekarang ini masih proses penjajakan,” ujarnya.

Achmad Haris menjelaskan, sejak ditangani asisten pelatih Hartono Ruslan, Sriwijaya FC memang sempat meriah satu kemenangan dari Samarinda Borneo FC, namun pertandingan lainnya, empat pertandingan berakhir dengan hasil imbang. “Mas Hartono telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pelatih pengganti saja, bukan pelatih kepala,” katanya.

Sejak tersiar kabar Sriwijaya FC butuh pelatih baru, sejumlah nama pelatih lokal pun dikaitkan dengan klub bermarkas di stadion Gelora Sriwijaya tersebut. Di antaranya nama pelatih Jafri Sastra yang mundur dari Mitra Kukar, Djadjang Nurdjaman yang mundur dari Persib, Nil Maizar yang kini menangani Semen Padang, juga ada nama pelatih Rahmad Darmawan yang pernah sukses melatih Sriwijaya FC.

Namun pelatih yang akrab disapa RD tersebut masih terikat kontrak dengan klub T-Team yang berlaga di Malaysia Super League.

Walau sudah memutuskan untuk mencari pelatih anyar, Achmad Haris enggan menyebutkan nama pelatih yang tengah diincar Sriwijaya FC. Sekretaris tim Sriwijaya FC juga enggan berkomentar saat disebut empat nama pelatih tersebut. “Yang pastinya kami mencari pelatih yang bisa mendongkrak posisi tim saat ini,” ujarnya.

Sementara itu untuk pemain anyar, menurut Achmad Haris sudah menambah dua pemain belakang, Dominggus Fakdawer eks Persipura dan satu pemain muda Ikris W Yahmani. Satu pemain lainnya M Roby yang tengah mengikuti seleksi belum diputuskan manajemen Sriwijaya FC akan dikontrak atau tidak.

“Manajemen memutuskan merekrut Ikris W Yahmani untuk mengantisipasi jika regulasi kewajiban memainkan tiga pemain U-23 diterapkan kembali. Kita juga menarik pemain mudar Reza Erlangga yang saat ini dipinjamkan ke PS BI Blitar yang berlaga di Liga 2 Indonesia,” kata Achmad Haris.