Selasa , 12 September 2017, 00:36 WIB

Ini 4 Skenario Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18

Red: Israr Itah
Humas PSSI
Timnas Indonesia U-19.
Timnas Indonesia U-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 menelan pil pahit pada pertandingan ketiga Grup B Piala AFF U-18. Timnas U-19 harus mengakui keunggulan Vietnam 0-3 di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9) sore.

Beberapa jam setelah itu di tempat yang sama, Myanmar meraih hasil maksimal dengan menaklukkan Filipina 7-0. Alhasil posisi Indonesia turun ke peringkat ketiga klasemen sementara. Meski sama-sama mengumpulkan nilai enam dari tiga laga, Indonesia kalah selisih gol dari Myanmar. 

Sementara Vietnam juga tak lantas aman di puncak meski mengoleksi nilai sembilan. Sebab, Vietnam harus bertemu tuan rumah pada laga terakhir, sementara Indonesia akan ditantang Brunei Darussalam.

Secara matematis, ketiga tim sama-sama berpeluang lolos atau gagal melaju ke empat besar. Dengan aturan pada turnamen ini yang mendahulukan perhitungan selisih gol memasukkan kemasukan, dan kemudian tim paling produktif menjebol gawang lawan jika angka selisih gol sama, Indonesia bahkan masih berpeluang lolos sebagai juara Grup B.

Berikut empat skenario bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal:

1. Vietnam dan Myanmar bermain imbang, timnas U-19 menang atas Brunei dengan skor berapa saja. Vietnam lolos sebagai juara grup, Indonesia menjadi runner-up.

2. Vietnam mengalahkan Myanmar dengan skor berapa saja, timnas U-19 cukup bermain imbang melawan Brunei. Vietnam lolos sebagai juara grup, Indonesia menjadi runner-up.

3. Myanmar mengalahkan Vietnam dengan selisih satu gol (skor di bawah 3-2, yaitu 1-0 dan 2-1), timnas U-19 wajib menang dengan selisih menimal tujuh gol. Jika skor kemenangan lebih besar dari 2-1 (3-2, 4-3, 5-4, dst), Indonesia harus menang dengan selisih delapan gol. Indonesia lolos sebagai juara grup, Myanmar runner-up

4. Myanmar mengalahkan Vietnam dengan selisih lebih besar dari satu gol (2-0, 3-1, 4-2, dst), timnas U-19 hanya menang dengan selisih tujuh gol. Myanmar menjadi juara grup, Indonesia runner-up.

Klasemen Sementara Grup B Piala AFF U-18