Selasa , 12 September 2017, 22:05 WIB

Cedera Lutut, Kiper Timnas U-19 Harus Menepi Enam Bulan

Red: Israr Itah
PSSI.org
Muhammad Riyandi (kanan).
Muhammad Riyandi (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Kiprah Muhammad Riyandi pada Piala AFF U-18 dipastikan berakhir. Kiper timnas U-19 ini tak akan bisa beraksi di bawah mistar selama enam bulan ke depan akibat cedera parah pada lutut kanannya.

Seperti disampaikan oleh media officer timnas U-19, Bandung Saputra, Selasa (12/9) malam, Riyandi menderita cedera ligamen ACL serta meniskus (bantalan lutut).

"Sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Yangon, kiper timnas U-19, Muhammad Riyandi mengalami cedera complete ACL tear (kanan) plus meniscus tear (kanan). Cedera Riyandi didapat karena salah tumpuan saat jatuh di laga Indonesia vs Vietnam. Dokter timnas U-19, Ifran memperkirakan butuh waktu enam bulan untuk masa penyembuhan Riyandi," ujar Bandung.

Cedera Riyandi didapat saat memperkuat Garuda Muda melawan Vietnam. Dalam satu momen menjelang babak pertama berakhir, Riyandi memetik bola tendangan sudut dan kemudian buru-menendang bola ke depan agar timnas U-19 bisa melancarka serangan balik. Malangnya, setelah itu dia terlihat mengerang kesakitan dan harus ditandu keluar lapangan pada menit ke-39.

Saat ini Riyandi menggunakan penyangga lutut dan berada di hotel bersama rekan-rekan satu timnya. Ia akan menjalani pemeriksaan lanjutan setelah pulang dari Yangon untuk mendapatkan opini kedua dari dokter-dokter di Jakarta perihal kondisi lututnya.