Rabu , 13 September 2017, 20:29 WIB

PSSI Targetkan Timnas Tembus Semifinal Asian Games 2018

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Republika/ Yasin Habibi
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, pelatih Luis Milla, pemain serta ofisial berpose saat pelepasan timnas U-22 di Jakarta, Kamis (10/8)
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, pelatih Luis Milla, pemain serta ofisial berpose saat pelepasan timnas U-22 di Jakarta, Kamis (10/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI menargetkan timnas Garuda Indonesia, menembus semifinal dalam Asian Games 2018. Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi mengatakan, dirinya optimistis target tersebut mampu diraih, sebagai penambal kecewa dari hasil SEA Games 2017.

PSSI bersama tim kepelatihan skuat Garuda Indonesia, akan segera menyusun rencana dan strategi, serta persiapan menuju target tersebut. "Target kita empat besar. Dalam waktu dekat, kita minta coach (pelatih) Luis Milla, memaparkan apa yang mau dia lakukan menuju Asian Games, kata Edy di Cijantung, Jakarta, pada Rabu (13/9).

Pemaparan dari Milla, Edy menerangkan, akan menjadi dasar kebijakan PSSI menuju Asian Games tahun mendatang. Termasuk, kata dia, pemaparan Milla soal kebutuhan pemain-pemain yang akan turun lapangan. Sebab, di Asian Games nanti,, tak semua pemain U-22 yang berlaga di SEA Games Malaysia, bisa turun lapangan.

Ada tiga pemain timnas senior, yang akan digabung bersama skuat timnas U-22. "Salah satu (pemain senior) yang akan kita masukkan ada yang dari Bali United," ujar Edy. Tetapi, dia tak mau menyebutkan nama siapa satu pemain dari Serdadu Tridatu itu, yang akan kembali berseragam timnas Garuda Indonesia.

Akan tetapi, Edy mengungkapkan pemain tersebut, punya ayah Belanda, dan ibu Indonesia. Jika menengok kebiasaan Milla dalam skuat kombinasi Garuda U-22 dan senior, kerap mengambil dua pemain Pulau Dewata. Yakni gelandang serang Irfan Bachdim dan Stefono Lilipaly. Keduanya, pun merupakan pesepak bola campuran Belanda dan Indonesia.

Asian Games mendatang akan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Gelaran itu, mengambil tempat di Jakarta, dan Palembang. Pertandingan sepak bola, akan digelar di lima stadion utama Indonesia, di Jakarta, dan Jawa Barat, serta Sumatra Selatan (Sumsel).

Menjadi tuan rumah, Edy mengatakan, adalah kesempatan bagi timnas Indonesia, memupuk prestasi maksimal. Meskipun dia mengakui, sulit menjadi juara umum dengan persaingan di negara-negara Asia. Sebagai patokan, di SEA Games 2017 saja, timnas Indonesia cuma mampu menguasai peringkat ketiga.

Terkait target tersebut, Edy berjanji, PSSI akan memenuhi semua kebutuhan timnas asuhan Milla. Termasuk kata dia, soal rencana pemusatan latihan di luar negeri. Hanya, kata dia, sampai hari ini, belum ada presentasi pelatih dari Spanyol tersebut, terkait kebutuhan pemusatan latihan timnas.