Rabu , 13 September 2017, 21:11 WIB

Indra Sjafri: Kemenangan 8-0, Hasil yang Sepadan

Red: Didi Purwadi
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Timnas U-19 Indonesia memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala AFF U-18 usai menggasak Brunei Darussalam 8-0 dalam laga terakhir Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9). Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, menilai kemenangan tersebut merupakan hasil yang memang sepantasnya diterima para pemainnya.

''Saya pikir hasil (8-0) ini cukup fair,'' kata Indra, seperti dikutip situs AFF, Rabu (13/9). ''Delapan gol sangat sepandan dengan kerja keras yang telah dilakukan oleh para pemain.''

Kemenangan besar Garuda Nusantara disumbangkan oleh tiga gol Muhammad Rafli, dua gol Egy Maulana Vikri dan Witan Sualeman, sebelum akhirnya Hanis Saghara Putra menutup keran gol menjadi 8-0.

Pertandingan belum genap memasuki satu menit pertama Garuda Nusantara sudah unggul melalui M Rafli Mursalim. Memanfaatkan kesalahan bek Brunei Azirul Asmadi Aji, Rafeli berhasil memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti yang melepaskan tendangan mendatar ke pojok kanan gawang.

Tekanan terus-menerus yang dilakukan Indonesia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-18. Egy Maulana berhasil lolos jebakan offside dan menyontek melewati kiper Amir Hakim. Bek Brunei Nazif Safwan Jalni yang berusaha membuang bola, justru melakukan gol bunuh diri.

Serangan spartan yang dibangun anak asuh Indra Sjafri langsung membuahkan gol ketiga pada menit ke-23. Menerima umpan terobosan Feby Eka Putra, Egy sukses menaklukkan kiper Amir Hakim lewat tendangan mendatar ke pojok kiri gawang.

Empat menit jelang babak pertama usai, gelandang Witan Sulaeman mencetak gol cantik. Witan melepaskan tendangan kaki kiri yang bersarang ke pojok kanan atas gawang Brunei.

Timnas Indonesia U-19 menutup babak pertama lewat gol keenam yang dicetak Rafli pada menit ke-42. Rafli menggetarkan gawang melalui sundulan setelah menerima umpan silang Dedi Tri Maulana. Skor 6-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda babak pertama.

Memasuki interval kedua, timnas Indonesia U-19 menambah dua golnya melalui Witan Sulaeman dan Hanis Saghara. Tim dengan julukan Garuda Nusantara sebenarnya memiliki peluang emas pada menit ke-64 ketika Rafli menerima umpan tarik Egy. Sayang, tendangan Rafli gagal mengenai bola dan justru mengalami cedera.

Pada menit ke-67 akhirnya Indonesia benar-benar mencetak gol di babak kedua. Witan Sulaeman mencetak gol keduanya melalui sundulan ke pojok kiri gawang setelah menerima umpan sepak pojok Samuel Cristianson.

Satu menit kemudian Hanis Saghara yang masuk menggantikan Rafli, berhasil mencetak gol kedelapan Indonesia. Hanis dengan mudah melesakkkan bola ke gawang Brunei setelah menerima umpan tarik Egy. Skor 8-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.