Rabu , 13 September 2017, 21:23 WIB

Juara Grup B, Indonesia Lawan Thailand di Semifinal AFF U-18

Rep: Bambang Noroyono, Frederikus Dominggus/ Red: Andri Saubani
Twitter/@pssi_fai
Skuat Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum laga Piala AFF U-18 lawan Brunei Darussalam, Rabu (13/9).
Skuat Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum laga Piala AFF U-18 lawan Brunei Darussalam, Rabu (13/9).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Timnas Indonesia U-19, memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Menuju ke babak empat besar, skuat Garuda Nusantara menjadi juara Grup B. Hasil ini, terbilang lebih baik ketimbang yang pernah dialami skuat asuhan pelatih Indra Sjafri, saat gelaran serupa 2013 lalu.

Kepastian Indonesia lolos ke semifinal, setelah sukses membantai Brunei Darussalam, pada Rabu (13/9). Laga kedua kesebelasan di pertandingan terakhir penyisihan Grup B di stadion Thuwanna, Yangon, berakhir dengan skor telak 8-0.

Kemenangan tersebut, membuat Egy Maulana Vikry dan kawan-kawan mempunyai nilai sembilan angka di klasemen akhir. Namun, kepastian Indonesia sebagai juara grup, setelah melihat hasil laga antara Myanmar dan Vietnam di partai lain. Pertandingan kedua kesebelasan, ternyata berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Myanmar.

Hasil tersebut, membuat tiga tim teratas di Grup B, punya nilai sama. Yakni sembilan angka. Namun, Indonesia dan Myanmar, yang berhak menuju ke semifinal. Myanmar menemani Indonesia, sebagai penghuni di peringkat kedua. Sementara Vietnam harus tersingkir.

Dari seluruh rangkaian hasil tanding di Grup B, Indonesia pun tim dengan produktivitas gol terbanyak. Dari tiga kemenangan, dan sekali kalah, Garuda Muda punya catatan 19 gol, dan empat kali kebobolan. Sedangkan Myanmar, dari tiga kemenangan, dan sekali kalah, tercatat mengoleksi 17 gol, dan tiga kali kebobolan.

Pada semifinal nanti, Indonesia akan bertemu Thailand, Jumat (15/9). Tim Gajah Perang adalah tim peringkat kedua dari Grup A. Sementara Myanmar, pada laga semifinal yang sama, akan bertemu Malaysia, sebagai juara dari grup tetangga.