Kamis , 14 September 2017, 18:43 WIB

Saddil Ramdani: Thailand Bisa Dikalahkan

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Republika/ Wihdan Hidayat
Pesepakbola Indonesia Saddil Ramdani (kanan)
Pesepakbola Indonesia Saddil Ramdani (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Pemain gelandang timnas Garuda Indonesia U-19, Saddil Ramdhani optimistis skuatnya mampu mengalahkan Thailand pada babak semfinal Piala Aff U-18, Jumat (15/9). Menurut Saddil, dirinya bersama pemain lain, punya ambisi yang sama agar skuat Garuda Nusantara bisa melaju ke babak final untuk meraih gelar juara pertama tahun ini.

Kami sudah siap tempur melawan Thailand, kata Saddil dari Yangon, dalam rilis resmi timnas yang diterima wartawan di Jakarta, pada Kamis (14/9). Kata pemain milik Persela Lamongan itu, laga nanti sebagai ajang membalas kekalahan skuat Garuda dari Gajah Perang, tahun lalu.

Pada Piala AFF U-19 2016, Indonesia memang ditekuk Thailand dengan skor 2-3. Itu kekalahan kedua kalinya, setelah tahun sebelumnya, juga kalah dengan skor telak 2-6. Tetapi Saddil mengatakan, agar rekannya sesama pemain, menutup catatan kekalahan tersebut. Insya Allah, (kekalahan tahun lalu), tidak terulang lagi. Kami ingin ke babak final, dan meraih juara, sambung Saddil.

Jika Indonesia mampu menang dari Thailand pada laga kali ini, bukan cuma dapat mengobati kekalahan tahun lalu. Namun, juga dapat menambal kecewa kegagalan timnas Garuda Indonesia U-22 di SEA Games 2017 dan kualifikasi Piala Asia (AFC) 2017. Di dua gelaran tersebut, Indonesia benar-benar mengalami kegagalan tak bisa menang dari Thailand.

Pada kualifikasi Piala AFC di Bangkok, Juli lalu, Indonesia main tanpa gol atas Thailand. Pada SEA Games di Kuala Lumpur, Thailand juga menahan imbang Indonesia dengan skor 1-1. Tetapi, nasib tak baik bagi Indonesia, karena cuma mampu meraih medali perunggu di pesta Asia Tenggara itu. Sedangkan Thailand, sukses meraih medali emas.

Saddil, menjadi salah satu penggawa timnas U-22 besutan pelatih Luis Milla Aspas, selama dua gelaran tersebut. Usianya yang masih 18 tahun, membuat pelatih timnas Garuda U-19, Indra Sjafri meminjamnya untuk mempertajam lini tengah dan sayap. Selain Saddil, ada gelandang Asnawi Mangkualam Bahar dari U-22 yang juga ikut memperkuat U-19 pada Piala AFF U-18 tahun ini.

Mampu membikin kandas Thailand, akan memastikan Garuda meraih tiket final. Dua kesebelasan, antara Myanmar dan Malaysia akan menjadi calon lawan Indonesia pada babak final, jika mampu menang dari Thailand. Partai final antara Indonesia melawan Malaysia, menjadi harapan lain agar Garuda, mampu membalas kekalahan saat kedua kesebelasan main di semifinal SEA Games 2017.