Rabu , 20 September 2017, 18:52 WIB

Ini Perubahan Formasi Timnas U-16 Lawan Thailand

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Humas PSSI
Timnas U-16 saat merayakan gol ke gawang Timor Leste U-16 pada laga kualifikasi Piala Asia U-16.
Timnas U-16 saat merayakan gol ke gawang Timor Leste U-16 pada laga kualifikasi Piala Asia U-16.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengubah formasi bermain skuatnya untuk menghadapi Thailand. Rotasi pemain, pun dia lakukan di lini depan dan tengah skuatnya di pertandingan ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-15 2018 di Bangkok, Rabu (20/9).

Menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala kali ini, Fakhri memainkan formasi 4-2-3-1. Terapan tersebut, berbeda dari dua pertandingan sebelumnya. Selama ini, Fakhri mengandalkan formasi menyerang 4-3-3. Perubahan tersebut, ikut mengubah komposisi pemainnya.

Terutama di lini depan. Pada laga melawan tim Gajah Perang kali ini, timnas Garuda Asia memainkan satu striker. Fakhri memasang Sutan Diego Zico yang dalam dua pertandingan sebelumnya, menjadi pemain pengganti. Peran Zico dalam dua pertandingan terakhir, begitu cemerlang dengan perolehan delapan gol dari 21 gol yang sudah dimiliki Indonesia.

Sementara peran Mochammad Supriadi dan Amanar Abdillah yang selama ini menjadi trisula serang bersama Amiruddin Bagus Alfikri, mundur ke belakang menjadi gelandang dan pemain sayap.

Tetapi Fakhri, di laga kali ini, membangkucadangkan Bagus. Perannya sebagai gelandang tengah, digantikan Rendy Juliansyah yang dalam pertandingan terakhir, Senin (16/9) sebagai gelandang cadangan, pengganti Brylian Aldama.

Adapun ban kapten, masih dimiliki oleh pemain gelandang bertahan David Maulana. Di posisi Penjaga gawang, Fakhri juga masih mempercayai peran Ernando Ari Sutriyadi.

Sementara pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia, sepertinya juga akan menerapkan formasi 4-2-3-1.  Ada nama striker Nattakit Butsing yang dia andalkan sebagai penyerang tunggal.