Rabu , 20 September 2017, 20:29 WIB
Kualifikasi Piala Asia U-15

Babak Pertama, Indonesia Unggul 1-0 Atas Thailand

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Humas PSSI
Timnas Indonesia U-16.
Timnas Indonesia U-16.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Gol tunggal milik Amanar Abidllah membawa Timnas Indonesia U-16 unggul sementara atas Thailand. Laga kedua kesebelasan di pertandingan ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-15 2018, di Stadion Rajamangala, berakhir dengan skor 1-0.

Pada pertandingan kali ini, Rabu (20/9) Fakhri Husaini menerapkan permainan 4-2-3-1. Penyerang Sutan Diego Zico, menjadi striker tunggal. Ia dibantu tiga gelandang serang, Rendy Juliansyah dan Amanar Abdillah sebagai gelandang sayap kanan dan di kiri Mochammad Supriadi.

Formasi bermain serupa juga diterapkan Salvador Valero Garcia. Formasi 4-2-3-1 dari tuan rumah, menghadirkan striker tunggal Nattakit Butsing di lini depan.

Indonesia, mengambil inisiatif serangan pada awal pertandingan. Pelanggaran pemain bertahan Thailand, Pongsakorn Innet terhadap Supriadi di dekat kotak 16, pada menit pertama, menghasilkan sepakan bebas untuk Indonesia. Peluang Garuda Asia membuka gol.

Rendy, dipercaya mengambil eksekusi tendangan bebas. Sepakannya keras ke arah gawang. Tetapi, bola yang di arahkan ke pojok kanan gawang, tipis di atas mistar gawang. Bola meluncur ke luar lapangan. Skor tetap 0-0.

Peluang Indonesia membuka gol, kembali terjadi pada menit ke-8. Pemain serang Andre Oktaviansyah, yang kali ini dipasang sebagai gelandang bertahan, mengambil sepakan. Umpan baiknya tepat mengarah ke depan gawang. Ada empat pemain Indonesia di depan gawang.

Namun, para pemain bertahan Thailand, mampu merebut bola. Skor masih tanpa gol sampai menit ke-10. Pada menit belasan, para pemain tuan rumah, mencoba bermain lebih agresif. Pada menit ke-14, peluang pertama Thailand yang berusaha menembus lini pertahanan Indonesia.

Tetapi, usaha tuan rumah itu, kandas. Pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Fadilah Rahman terhadap Thakdanai Jaihan di luar kotak 16, memberi keuntungan bagi tuan rumah. Sepakan Chatmongkol, tepat ke arah gawang Indonesia. Tetapi kiper Ernando Sutaryadi, masih cekatan menangkap bola.

Permainan menekan Thailand, diladeni para penggawa Garuda Asia. Aksi serangan balik dari lini kiri oleh Supriadi, berhasil menggiring bola ke lini pertahanan tim Gajah Perang. Sepakannya mengarah ke gawang dan tak mampu ditangkap kiper Natthawut Paengkrathok.

Ada Amanar yang menunggu di mulut gawang dengan pengawalan. Namun, kakinya mampu menyambut bola dan mengarahkannya masuk ke gawang. Gol pembuka milik Indonesia. Skor menjadi 1-0, pada menit ke-19.

Thailand punya kesempatan membalas pada menit ke-22. Kemelut di depan gawang Indonesia, sempat membuat ancaman. Akan tetapi, permainan disiplin pertahanan Garuda, mampu membuang bola jauh ke depan yang disambut Amanar dengan serangan balik.

Tetapi, upaya Amanar dijatuhkan keras para pemain bertahan Thailand. Sepakan bebas kembali milik Indonesia. Eksekusi kali ini, diambil oleh Supriadi. Tetapi, sepak bebas dari pemain berangka 11 itu, gagal menambah keunggulan. Skor tetap 1-0.

Kesempatan Indonesia menambah jumlah gol kembali terjadi pada menit ke-29. Lagi-lagi Supriadi menebar ancaman ke arah gawang Thailand. Tetapi, kali ini mudah bagi kiper tuan rumah menangkap bola. Angka di papan skor masih tetap.

Upaya Thailand membalas gol, terus dilakukan. Para pemain Indonesia, nyaris mengandalkan serangan-serangan balik pada lima menit terakhir babak pertama. Pada menit ke-44, sepakan bebas dari pemain Thailand, menjadi upaya terakhir tuan rumah menyamakan kedudukan.

Akan tetapi, sepakan itu kembali berhasil ditahan kiper Ernando. Sampai menit ke-45, Indonesia tetap unggul 1-0 atas Thailand. Tambahan satu menit dari wasit Mohammad Hasan Arafah dari Yordania, tak menghasilkan apapun. Skor tetap 1-0 menutup babak pertama.


Berita Terkait