Sabtu , 23 September 2017, 19:10 WIB

Rangkuman Pekan Ke-25 Liga 1: Bhayangkara FC tak Tergoyahkan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Pesepak bola Pusamania Borneo FC Wahyudi Setiawan Hamisi (kiri) berusaha menghadang pesepak bola Bhayangkara FC Ilija Spasojevic (kanan) pada pertandingan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/9). Tuan rumah Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor akhir 2-1.
Pesepak bola Pusamania Borneo FC Wahyudi Setiawan Hamisi (kiri) berusaha menghadang pesepak bola Bhayangkara FC Ilija Spasojevic (kanan) pada pertandingan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/9). Tuan rumah Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor akhir 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Klub-klub Liga 1 harus pandai-pandai menghemat tenaga dalam sepakan terakhir. Jadwal dari PT Liga Indonesia Baru mengharuskan semua kontestan main tengah pekan untuk matchday ke-25.

Pimpinan klasemen sementara Bhayangkara FC masih terlalu tangguh untuk tamunya Pusamania Borneo FC di Stadion Patriot, Bekasi pada Rabu (20/9). The Guardian menyudahi perlawanan Pesut Etam dengan
skor tipis 2-1.

Pertandingan yang dipimpin wasit Aprisman Aranda itu berlangsung seru terutama di babak kedua. Tuan rumah lebih dulu unggul pada menit ke-60 lewat aksi striker tajam Ilija Spasojevic. Drama terjadi pada 10 menit jelang pertandingan berakhir. Marquee player Borneo FC, Edward Shane Smeltz menyamakan kedudukan pada menit ke-81.

Kemenangan Bhayangkara ditentukan oleh bek Otavio Dutra. Pemain asal Brasil itu sukses mengeksekusi hadiah penalti pada menit ke-86. Kemenangan ini memperkokoh posisi klub milik Korps Kepolisian RI ini di puncak klasemen sementara Liga 1. Anak-anak asuh Simon McMenemy kini mengoleksi 52 angka.

Bali United tertahan di Bandung

Bali United yang punya ambisi menyingkirkan Bhayangkara dari puncak klasemen malah gagal di Stadion Si Jalak Harupat markas Persib Bandung. Serdadu Tridatu hanya bermain seri tanpa gol dengan Persib. Tambahan satu angka membuat Bali tak beranjak dari peringkat dua dengan nilai 49. Stefano Lilipaly dan kawan-kawan tertinggal tiga angka dari Bhayangkara FC.

Persib Bandung pun kecewa dengan ditahan imbang oleh Bali. Persib gagal lagi menang di kandang setelah laga sebelumnya juga bermain seri 2-2 di lokasi yang sama dengan Semen Padang.

Persib pun harus puas di peringkat 10 dengan nilai 34. Persib turun lagi dua peringkat karena mereka punya satu laga yang belum dimainkan. Yakni pertandingan melawan Borneo yang ditunda oleh PT LIB.

PSM pertahankan peringkat tiga

PSM Makassar masih bisa mengamankan posisi di peringkat tiga. Juku Eja memetik tiga angka penuh di Stadion Andi Mattalatta usai mengalahkan tim lemah Persegres Gresik United dengan skor meyakinkan 5-1 pada Jumat (22/9). Pesta gol PSM tercipta berkat lesakkan masing-masing satu oleh Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Titus Bonai dan sepasang gol dari marquee player Wiljan Pluim.

Gresik hanya membalas satu gol melalui Faristian. Laskar Jaka Samudera kini semakin terbenam di dasar klasemen dengan raihan angka 10.

PSM aman di peringkat tiga karena mereka memanfaatkan situasi pada saat pesaingnya Persipura Jayapura ditahan imbang Barito Putera sehari sebelumnya. Mutiara Hitam harus puas dengan skor akhir 1-1 melawan tim yang diasuh bekas pelatih mereka Jacksen F Thiago. Tambahan satu angka saja membuat Persipura masih di posisi empat dengan nilai 46.

Madura United ancam Persipura

Persipura kini terancam oleh Madura United. Laskar Sape Kerrab mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor tiga gol tanpa balas di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan pada hari Jumat. MU yang merupakan juara paruh musim kini mengoleksi 45 angka di peringkat lima.