Sabtu , 23 September 2017, 23:18 WIB

Indonesia dan Thailand Dominasi Daftar Pemain Terbaik AFF

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Indonesia dan Thailand mendominasi daftar pemain terbaik Piala AFF 2016. Kedua negara memunculkan masing-masing empat pemain dalam susunan skuat terbaik Piala AFF tahun lalu.

Sementara tiga pemain lainnya, masing-masing berasal dari Malaysia, Singapura dan Myanmar. Empat pemain Indonesia dalam the best XI tersebut, yakni Kurnia Meiga Hermansyah, Stefano Lilipaly, Rezaldi Rizky Pora, dan Boaz Theofilius Erwin Solossa.

Sedangkan para pemain Thailand, yakni Chanatip Songkrasin, Tristan Do, Sarach Yooyen, dan Taerasil Dangda. Tiga pemain lain, yakni Ronny Harun dari Malaysia, Harris Harun dari Singapura, serta Nguyen Tron Hoang, dari Myanmar.

Malam Anugerah AFF 2016, yang digelar tahun ini, diselenggarakan di Bali pada Sabtu (23/9). Sejumlah insan dan pesepak bola yang berlaga pada Piala AFF 2016 lalu, berhasil meraih pengharagaan tertinggi di ajang paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Selain menghadirkan rivalitas susunan pemain dalam skuat terbaik. Indonesia dan Thailand juga bersaing soal pemain terbaik. Namun, harus diakui, Thailand lebih unggul kali ini. AFF memilih Chanatip Songkrasin sebagai pemain terbaik.

Akan tetapi, Indonesia tak perlu kecewa. Ada Andik Vermansah, yang didaulat sebagai pencetak gol terbaik pada Piala AFF 2016. Sedangkan soal pelatih, ada tiga kandidat. Pelatih Thailand Kiatisuk Senamaung, dan Alfred Riedl dari Indonesia, serta Gerd Seize dari Myanmar.

Namun, AFF memilih Kiatisuk Senamaung sebagai pelatih terbaik lantaran mampu membawa Thailand juara dalam gelaran tersebut. Sedangkan Riedl, cuma mampu meraih peringkat kedua. Sebagai juara, AFF tak ragu memilih Thailand sebagai tim dan kesebelasan terbaik.

AFF juga memberikan penghargaan lain bagi Indonesia tahun ini. Yaitu, dengan mendaulat Presiden AFF (almarhum) Kardono, sebagai penerima Life Service Award. Kardono yang memimpin federasi sepak bola Asia Tenggara pada 1984 sampai 1989.

Kardono, juga pernah menjadi Ketua Umum PSSI pada 1987 sampai 1991. Pada masanya pula Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games yang sampai hari ini, belum pernah kembali diraih oleh skuat Garuda.

Malam Penghargaan AFF, juga memberikan anugerah kepada asisten wasit perempuan  terbaik 2016 kepada Truong Thile Trinh dari Vietnam. Sedangkan asisten wasit laki-laki terbaik, yaitu Muhammad Yusri Bin Muhammad asal Malaysia.

Adapun wasit perempuan terbaik 2016, diberikan kepada Thein Thein Aye dari Myanmar. Wasit laki-laki terbaik, diberikan kepada Jaqi Aljafari Bin Jahari dari Singapura. AFF juga memberikan penghargaan kepada pemain muda terbaik di AFF tahun ini.

Gelar pemain muda terbaik tersebut, didapuk kepada Doan Van Hou asal Vietnam. Dia mengalahkan rival sesama Vietnam, Phan Thanh Han. Kedua pesepak bola ini, sama-sama pernah ada dalam daftar skuat timnas Vietnam U-19.

Berita Terkait